Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Adakah Waktu Terbaik untuk Minum Air? Ini Jawabannya

Tips tetap terhidrasi selama puasa Ramadan.Start your day with some warm lemon water

Topcareer.id – Tidak ada keraguan lagi bahwa air sangat penting untuk kesehatan setiap orang. Terhitung hingga 75% dari berat tubuhmu, sudah pasti air memainkan peran kunci dalam mengatur segala sesuatu mulai dari fungsi otak hingga kinerja fisik, pencernaan, dan banyak lagi.

Tetap saja, meskipun jelas bahwa minum air penting untuk kesehatan, kamu mungkin bertanya-tanya apakah ada waktu yang tepat untuk minum air? Berikut kapan waktu terbaik minum air berdasar laman Healthline.

Di pagi hari

Menikmati segelas air pertama di pagi hari adalah cara sederhana untuk memulai hari dengan baik. Beberapa juga mungkin menemukan bahwa meminum air tepat ketika bangun membuatnya lebih mudah untuk mempertahankan kebiasaan hidrasi yang sehat dan meningkatkan asupan cairan sepanjang hari.

Baca Juga: Berapa Banyak Air Yang Harus Kamu Minum Per Hari?

Jika kamu mengalami dehidrasi, menambah asupan air setiap hari dapat membantu meningkatkan tingkat hidrasi, yang mungkin sangat bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati, fungsi otak, dan tingkat energi.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi ringan sekalipun dapat memengaruhi memori, konsentrasi, tingkat kecemasan, dan kelelahan secara negatif. Sementara, beberapa mungkin menemukan bahwa air minum di pagi hari berfungsi untuk mereka, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa minum air di pagi hari lebih bermanfaat daripada di waktu lain di siang hari.

Sebelum makan

Minum segelas air sebelum makan adalah strategi yang bagus jika kamu mencoba menurunkan berat badan. Melakukan hal itu tidak hanya dapat membantu meningkatkan perasaan kenyang, tetapi juga mengurangi asupan selama makan itu.

Misalnya, satu studi pada 24 orang dewasa menemukan bahwa minum 16,9 ons (500 mL) air 30 menit sebelum sarapan mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi 13%, dibandingkan dengan kelompok control lain.

Baca Juga: Minum Banyak Air Bantu Turunkan Berat Badan?

Studi lain di 50 orang menunjukkan bahwa minum 12,5-16,9 ons (300-500 mL) air sebelum makan siang mengurangi rasa lapar dan asupan kalori pada orang dewasa yang lebih tua. Namun, sementara semua peserta melaporkan peningkatan perasaan kenyang, tidak ada perbedaan yang signifikan dalam asupan kalori atau tingkat kelaparan yang diamati pada orang dewasa muda.

Sebelum dan sesudah berolahraga

Saat berolahraga, kamu kehilangan air dan elektrolit melalui keringat. Minum cukup air sebelum dan sesudah berolahraga adalah penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dan membantu mengisi kembali cairan yang hilang.

Kehilangan cairan yang berlebihan selama latihan juga dapat merusak kinerja fisik dan menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit. Dianjurkan untuk minum air atau minuman elektrolit setelah berolahraga untuk membantu mengganti cairan yang hilang dan mengoptimalkan kinerja dan pemulihan.** (RW)

Leave a Reply