Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ada Sugesti Negatif yang Sebabkan Orang Enggan Meminta Bantuan

Ilustrasi. (dok. Halunen Law)

Mitos 2: Jika meminta bantuan, akan ditolak
Alasan lain kita mungkin enggan untuk meminta bantuan adalah mendengar kata “tidak”. Kekhawatiran ini semakin bertambah ditengah krisis saat ini, karena kita berasumsi orang-orang sudah kerepotan dengan masalah mereka sendiri.

Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa orang-orang acap kali di luar dugaan yag menunjukkan bukan hanya kesediaan untuk membantu tapi juga berupaya sungguh-sungguh dalam memberikan bantuan tersebut.

Mitos 3: Sekalipun seseorang setuju membantu, tapi tak ikhlas
Ketika berpikir untuk meminta bantuan seseorang, pikiran cenderung berfokus pada apa yang akan dibebankan kepada mereka, seperti ketidaknyamanan dan tampak seperti pemaksaan. Pada saat yang sama, banyak orang cenderung mengabaikan manfaat untuk membantu seorang kolega.

Hal ini menyebabkan banyak orang yang membutuhkan bantuan jadi enggan untuk memintanya. Padahal penelitian menemukan bahwa sebenarnya perasaan baik selalu datang akibat dari membantu seseorang. Ini berarti membantu orang lain memiliki efek yang mengangkat suasana hati.

Baca juga: Perusahaan Didorong Sediakan Tempat Tinggal Layak Bagi Pekerja

Penelitian menemukan manfaat emosional dari membantu bahkan lebih besar ketika mereka membina hubungan sosial. Memiliki kesempatan untuk membantu individu tertentu kadang-kadang bisa lebih bermanfaat secara emosional daripada menyumbang untuk amal karena melibatkan hubungan pribadi.

Di masa krisis seperti sekarang ini seharusnya menjadi momen untuk merasa lebih nyaman dalam meminta dan menerima bantuan. Ada banyak bukti bahwa orang lain cenderung lebih mungkin ingin membantu dan menikmati dalam melakukannya. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply