Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Rutin Olahraga Bisa Bikin Jerawat, Hindari dengan 8 Hal Ini

Sumber foto: KERA News

4. Bersihkan peralatan olahraga bersama

Massick merekomendasikan untuk membersihkan semua peralatan olahraga bersama sebelum digunakan. Menyeka peralatan sebelum digunakan akan membantu menghilangkan beberapa bakteri, kotoran, dan minyak yang menyusahkan, yang mungkin masuk ke kulit kamu.

5. Hindari menyentuh wajahmu dengan tangan

Menurut Massick, bakteri, minyak, atau kotoran apapun yang kamu sentuh, dapat ditransfer ke kulit, berkontribusi pada pori-pori dan infeksi yang tersumbat.

6. Kenakan pakaian longgar dan lembab

Pakaian yang berkeringat dan ketat memerangkap kelembapan di kulitmu, menciptakan kondisi yang sempurna untuk jerawat, kata Massick. Jenis bakteri yang biasa ditemukan pada kulit yang disebut Malassezia, dapat tumbuh subur dalam kondisi hangat dan lembab, yang diciptakan oleh pakaian olahraga. Ketika bakteri ini tumbuh berlebihan pada kulit, itu dapat menyebabkan jenis jerawat jamur berkembang.

7. Ganti pakaian yang berkeringat sesegera mungkin

Elizabeth M. Damstetter, FAAD, asisten profesor dermatologi, Pusat Medis Universitas Rush, menyarankan agar kamu mengganti pakaian yang berkeringat setelah berolahraga, karena alasan yang sama seperti di atas.

Pastikan untuk mencuci pakaian sebelum memakainya lagi karena minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori dapat terperangkap di sana dan berpindah ke kulit saat olahraga berikutnya.

8. Mandi setelah olahraga

Jika memungkinkan, mandilah setelah berolahraga untuk menghilangkan keringat, minyak, kotoran, dan bakteri yang mungkin menumpuk.

Damstetter merekomendasikan menggunakan pembersih wajah dan tubuh yang mengandung benzoil peroksida untuk membersihkan kulit yang rentan berjerawat. Benzoil peroksida dapat mengurangi jumlah bakteri penyebab jerawat yang disebut Cutibacterium acnes.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply