Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Punya Pasangan Tukang Kritik Bisa Membunuhmu

Perencanaan keuangan untuk pasangan muda.Ilustrasi. (dok. Anva)

Mengapa kritik menyebabkan kematian lebih awal?

Kritik berlebihan tampaknya mengambil lebih banyak korban daripada tuntutan yang berlebihan. Peserta yang melaporkan tuntutan tinggi tetapi kritik rendah pada putaran pertama wawancara umumnya masih hidup pada putaran kedua.

Ternyata kritik dalam suatu hubungan adalah pembunuh yang sesungguhnya. Peserta yang melaporkan kritik tingkat tinggi dalam wawancara putaran pertama, memiliki peluang lebih tinggi untuk mati pada saat wawancara putaran kedua, dibandingkan dengan mereka yang melaporkan kritik tingkat rendah.

Jamila Bookwala dan Trent Gaugler, para peneliti dalam penelitian ini, memiliki teori tentang mengapa kritik pasangan sangat merugikan kesehatan seseorang. Teori pertama menyebutkan bahwa kritik terus-menerus dapat menyebabkan perilaku tidak sehat, seperti merokok atau minum minuman keras.

Yang berikutnya adalah bahwa hal itu menciptakan negativitas dalam hubungan, yang kemungkinan mengarah pada stres jangka panjang yang memiliki efek merugikan pada kesehatan secara keseluruhan.

Negativitas dalam suatu hubungan juga bisa memicu kecemasan, depresi, dan kesepian pada seseorang, yang semuanya terkait dengan kematian sebelumnya, dalam penelitian sebelumnya.

“Temuan ini memiliki implikasi klinis yang penting karena menunjukkan nilai pengembangan intervensi (seperti terapi) yang menargetkan penurunan aspek negatif kualitas hubungan dengan pasangan atau pasangan seseorang, terutama yang terkait dengan kritik dalam hubungan,” tulis Bookwala dan Gaugler.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply