Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, September 20, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Mengenal Cryptocurrency yang Kian Populer di Bisnis Investasi Digital

Topcareer.id – Cryptocurrency adalah mata uang digital atau virtual yang dijamin oleh kriptografi, yang membuatnya hampir mustahil untuk dipalsukan atau dihabiskan. Banyak cryptocurrency merupakan jaringan terdesentralisasi yang didasarkan pada teknologi blockchain — sebuah buku besar terdistribusi yang ditegakkan oleh jaringan komputer yang berbeda.

Fitur yang menentukan cryptocurrency adalah bahwa mereka umumnya tidak dikeluarkan oleh otoritas pusat, membuat mereka secara teoritis kebal terhadap campur tangan pemerintah atau manipulasi.

Baca Juga: 5 Hal Penting dalam Bisnis Investasi

Tentang cryptocurrency:

  • Cryptocurrency adalah bentuk baru dari aset digital berdasarkan jaringan yang didistribusikan di sejumlah besar komputer. Struktur desentralisasi ini memungkinkan mereka untuk eksis di luar kendali pemerintah dan otoritas pusat.
  • Kata “cryptocurrency” berasal dari teknik enkripsi yang digunakan untuk mengamankan jaringan.
  • Blockchains, merupakan metode organisasi untuk memastikan integritas data transaksional, merupakan komponen penting dari banyak cryptocurrency.
  • Banyak ahli percaya bahwa blockchain dan teknologi terkait akan mengganggu banyak industri, termasuk keuangan dan hukum.
  • Cryptocurrency menghadapi kritik karena sejumlah alasan, termasuk penggunaannya untuk kegiatan ilegal, volatilitas nilai tukar, dan kerentanan infrastruktur yang mendasarinya. Namun, mereka juga dipuji karena portabilitas, kemampuan untuk dibagi, resistensi inflasi, dan transparansi mereka.

Memahami cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sistem yang memungkinkan pembayaran online aman yang didenominasikan dalam istilah “token” virtual, yang diwakili oleh entri buku besar internal ke sistem. “Crypto” mengacu pada berbagai algoritma enkripsi dan teknik kriptografi yang melindungi entri-entri ini, seperti enkripsi kurva elips, public-private key pairs, dan fungsi hashing.

Jenis Cryptocurrency

Cryptocurrency berbasis blockchain pertama adalah Bitcoin, yang masih tetap yang paling populer dan paling berharga. Saat ini, ada ribuan cryptocurrency alternatif dengan berbagai fungsi dan spesifikasi. Beberapa di antaranya adalah klon atau fork Bitcoin, sementara yang lain adalah mata uang baru yang dibangun dari awal.

Baca Juga: Jenis Investasi Umum yang Bisa Kamu Pilih untuk Tabungan Masa Depan

Bitcoin diluncurkan pada 2009 oleh seorang individu atau kelompok yang dikenal dengan nama samaran “Satoshi Nakamoto.” Per November 2019, ada lebih dari 18 juta bitcoin yang beredar dengan total nilai pasar sekitar $ 146 miliar.

Beberapa cryptocurrency baru timbul dan bersaing akibat keberhasilan Bitcoin, yang dikenal sebagai “altcoin,” termasuk Litecoin, Peercoin, dan Namecoin, serta Ethereum, Cardano, dan EOS. Hari ini, nilai keseluruhan dari semua cryptocurrency yang ada adalah sekitar US $ 214 miliar. Bitcoin saat ini mewakili lebih dari 68% dari nilai keseluruhan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply