Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Alasan untuk Tak Menggunakan Kantong Plastik

Sumber foto: esgclarity.com

Plastik itu mahal
Gagasan bahwa kantong plastik adalah barang gratis ketika melakukan kegiatan belanja di toko atau kegiatan lainnya adalah kekeliruan. Harga produksi sering dimasukkan ke dalam pajak dan biaya lainnya, yang berarti bahwa harga bahan makanan, pakaian, dan barang-barang lainnya meningkat menjadi faktor dalam biaya terkait ini.

Ini menunjukkan bahwa meskipun tas yang ramah lingkungan pada awalnya tampak lebih mahal, dalam jangka panjang tas tersebut akan lebih murah, sehingga semakin sering kamu menggunakannya, maka akan semakin sedikit pengeluaranmu untuk membayar kantong plastik.

Plastik mencemari tanah dan air
Kantong plastik ada di mana-mana. Lihatlah ke sekeliling dan kamu akan melihat bahwa kantong plastik adalah sampah yang paling umum. Mereka tersangkut di pepohonan, pagar, di sepanjang jalan, mengambang di air, tergeletak di tanah, di taman, hutan, di sekitar tong sampah, hanyut di pantai, dan di tempat lainnya.

Sampah kantong plastik bahkan telah menyebabkan masalah besar di beberapa daerah. Misalnya, jutaan kantong plastik yang dibuang menyumbat saluran drainase air dan selokan di daerah perkotaan.

Alhasil, ketika hujan, jalan-jalan akan tergenang air hanya setelah beberapa menit pertama karena tidak dapat melewati saluran air yang tersumbat banyak sampah plastik.

Plastik berkontribusi terhadap perubahan iklim
Hanya sedikit orang yang menyadari bahwa setiap kali menerima tas belanjaan plastik sekali pakai di kasir toko, kamu secara aktif berpartisipasi dalam membuang energi dan menghabiskan sumber daya yang tidak terbarukan.

Mayoritas kantong plastik terbuat dari polietilen, zat yang berasal dari penyulingan minyak mentah dan pemrosesan gas alam. Minyak dan gas alam adalah sumber daya berbasis bahan bakar fosil yang tidak terbarukan dan dalam prosesnya, mengeluarkan gas rumah kaca, yang berkontribusi terhadap perubahan iklim global.

Produksi kantong plastik ini sangat intensif energi. Di Amerika Serikat saja, statistik mencapai hingga 12 juta barel minyak yang digunakan setiap tahun untuk menghasilkan lebih banyak kantong plastik.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply