Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Peran HR Tech untuk Otomasi Pengelolaan Karyawan di Perusahaan

Manfaat HRIS

Proses Onboarding lebih mudah

Proses perekrutan SDM menjadi hal penting saat new normal untuk mendukung produktivitas perusahaan ke depan. Onboarding dilakukan setelah perusahaan merekrut dan memilih karyawan yang tepat. Onboarding merupakan program perusahaan agar karyawan baru melakukan penyesuaian diri sehingga bisa nyaman dan bertahan lama di perusahaan. Insight Talenta sebagai penyelenggara webinar ini juga memiliki fitur Administrasi HR untuk melakukan proses onboarding dari awal karyawan masuk ke perusahaan. Tahapan onboarding di layanan Talenta juga dapat disesuaikan dengan regulasi yang berlaku di perusahaan.

Kemudahan memantau absensi karyawan

Saat menjalani WFH, perusahaan tentu memiliki prosedur khusus saat karyawan bekerja. Dengan teknologi HR, hal itu tidak akan menjadi sebuah masalah besar apabila perusahaan telah memiliki sistem HRIS. Banyak perusahaan sudah mulai menggunakan teknologi HR untuk absensi online. Setiap kali karyawan bekerja, mereka dapat melakukan check-in. Begitu pun setelah selesai bekerja, mereka dapat melakukan check-out, teknologi ini juga dilengkapi dengan fitur GPS dan selfie check–in, sehingga HR dapat melihat lokasi absen mereka melalui dashboard yang terupdate secara real–time.

Pengajuan cuti, izin, hingga lembur jadi simpel

Setelah WFH menjadi new normal, bukan tidak mungkin akan diterapkan kembali setelah pandemi. Untuk itu HR perlu mempersiapkan pengelolaan administrasi karyawan seperti pengajuan dan persetujuan cuti, izin sakit, hingga lembur. Teknologi HR akan membantu mensupport ini semua.

Mempermudah payroll

Dengan menggunakan aplikasi HRIS yang terintegrasi, seluruh administrasi karyawan dapat dikelola dari manapun dan kapanpun. Sistem Payroll pun bisa terintegrasi dengan perhitungan Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh 21). Perusahaan tinggal melakukan penghitungan dengan aplikasi yang tersedia dan rincinya akan muncul pada slip gaji karyawan setiap bulan.

“HRIS sudah banyak membantu automation HR, semua terintegrasi dengan sistem payroll juga. HRIS juga sudah menggunakan teknologi cloud base.”tambah Avriandi.

Head HR Youvit, Mia Agustina juga menyampaikan bahwa perusahaannya sangat terbantu dengan adanya teknologi HR. “Kita harus bergerak cepat untuk mendampingi top management dalam mengambil keputusan cepat. kita menggunakan teknologi HR untuk membantu memantau sistem kerja WFH.”

“Automation dari teknologi HR sangat membantu, enggak kebayang deh kalo kita masih harus manual pake excell sheet.”ujar Mia.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply