Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Corporate Vs Startup. Mana yang Cocok Untuk Kamu?

Sumber foto: Life Health CareSumber foto: Life Health Care

Kamu akan merasa betah di perusahaan besar atau korporat jika…

Menyukai struktur dan tanggung jawab yang jelas
Dalam sebuah perusahaan besar yang telah mapan, kamu biasanya mengisi peran yang sudah ada sebelumnya, artinya tugas dan tanggung jawab telah ditentukan dan ditetapkan, sehingga kamu akan tahu apa yang harus dilakukan dan kerangka waktu untuk melakukannya.

Prediktabilitas dan struktur ini dapat sangat membantu meminimalkan tekanan yang timbul akibat ambiguitas di tempat kerja. Itulah sebabnya masih banyak orang yang lebih suka bekerja di perusahaan besar.

Suka kompensasi nyata
Di sebuah perusahaan besar, tunjangannya bisa lebih konkret daripada perusahaan startup. Manfaat seperti cuti tetap dibayar dan paket pensiun adalah standar yang pasti diterima, dan jam kerja jauh lebih stabil serta dapat diandalkan.

Kamu mungkin bebas mengenakan apa pun yang kamu suka ketika bekerja di sebuah startup, dan pesta kantor setiap Jumat mungkin pasti dilakukan, tetapi keamanan dari program pensiun dan mampu mengambil cuti tanpa potong gaji ketika membutuhkannya, sulit untuk didapat di startup.

Ingin merasakan dampak dari nilai sebuah nama besar
Bekerja di perusahaan besar yang sudah mapan akan menjadi nilai tambah pada CV kamu. Nama besar dan reputasi perusahaan tempat kamu bekerja begitu mudah dikenali dan perusahaan besar lain yang kamu lamar akan lebih membuka pintunya untuk menerima kamu.

Startup, terutama yang baru mulai, memiliki tingkat kegagalan yang tinggi jika digunakan untuk menjual diri saat hendak pindah ke perusahaan lain. Sehingga, walaupun kamu sudah sering bekerja di perusahaan startup yang belum ternama, itu tidak akan menambah value kamu pada CV.

Kedua opsi ini adalah kompromi yang baik. Seperti halnya keputusan besar, lakukanlah riset terlebih dahulu untuk lebih memahami lingkungan yang akan kamu masuki, dan lihat apakah kamu merasa cocok dengan lingkungan tersebut.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply