Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Sunday, September 8, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

New Normal, PELNI Optimis Jumlah Penumpang Meningkat

Pelni buka lowongan kerja sebagai nahkoda, syarat usia maksimal hingga 58 tahun.Ilustrasi kapal Pelni (Dok/Pelni)

Topcareer.id – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau PELNI menyambut baik adanya pembukaan akses pelabuhan di beberapa wilayah di Indonesia. Setelah adanya pelonggaran perjalanan, PELNI mencatat 14.685 pelanggan berpergian dengan kapal penumpang sejak Mei-5 Juli 2020.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI (Persero), O.M. Sodikin menyampaikan, hingga 7 Juli 2020 sudah terdapat 61 Pelabuhan yang membuka aksesnya baik untuk embarkasi dan debarkasi bagi penumpang, serta 5 pelabuhan yang hanya melayani proses embarkasi.

Tercatat, sebanyak 16.456 pelanggan juga berpergian dengan kapal perintis pada Mei-Juli 2020.

“PELNI optimis jumlah penumpang akan terus meningkat, terutama setelah mulai dibukanya kembali pelabuhan dan mulai dilakukannya kembali kegiatan operasional kapal walaupun masih secara bergantian, guna menjaga efektivitas dan efisiensi kegiatan operasional,” ungkap Sodikin dalam rilis.

Baca juga: Wawancara Eksklusif – Direktur Akpelni Capt Fajar : Peluang Kerja Pelaut Masih Besar

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro menyampaikan bahwa PELNI tetap mematuhi peraturan yang berlaku terkait kegiatan naik turun penumpang kapal pada setiap daerah, dan selalu menjalankan protokol kesehataan Covid-19.

“Menciptakan pelayaran yang aman dan selamat merupakan komitmen kami. PELNI tetap membatasi jumlah penumpang di atas kapal, yakni sebesar 50% dari kapasitas,” ucap Yahya.

Ia melanjutkan, para kru juga telah dilengkapi dengan APD yang wajib dipergunakan selama bertugas dan yang paling penting adalah para penumpang wajib menyertakan surat hasil rapid test ketika akan berpergian dengan kapal PELNI.

“Kami terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama menjalankan kegiatan operasional,” tutup Yahya.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply