TopCareerID

Fitur Terbaru Apple iOS 14 yang Mungkin Kamu Belum Ketahui

YouTube Concepts/iPhone

Topcareer.id – Apple telah mengumumkan update operating system terbarunya, iOS 14. Perangkat lunak terbaru ini akan diluncurkan untuk iPhone pada bulan September 2020.

IOS 14 memiliki banyak fitur baru, termasuk widget yang akan mengubah cara layar beranda iPhone kamu bekerja, dan cara yang sama sekali baru untuk menyortir beberapa halaman aplikasi. Hebatnya, ini akan mendukung ponsel setua iPhone SE 2016 dan iPhone 6s Plus 2015.

Operating system ini akan diluncurkan dalam versi beta pada bulan Juli sebelum tersedia versi finalnya pada musim gugur. Inilah beberapa perubahan terbesar yang akan kamu temui.

Fitur dari iOS 14 memungkinkan kamu menonton video, termasuk film dan acara TV, di jendela kecil yang melayang di atas layar utama kamu. Fitur serupa telah tersedia di iPad selama beberapa tahun terakhir.

Widget akhirnya hadir ke layar beranda iOS 14. Di iOS 14, kamu akan dapat memilih widget besar yang menampilkan cuaca, podcast, foto, jam, stok, peta, musik, dan lainnya yang disematkan ke layar kamu.

Pengaturan ini memungkinkanmu untuk melihat lebih banyak informasi. Satu widget, yang disebut smart stack, memungkinkan kamu untuk beralih aplikasi melalui widget. Smart stack akan berubah tergantung pada waktu. Aplikasi pihak ketiga juga dapat memanfaatkan fitur ini.

Selain itu, Apple memperkenalkan fitur baru yang disebut App Library, yang membantu kamu mengatur aplikasi secara otomatis. App library secara otomatis mengatur tumpukan aplikasi untuk kamu.

Berikut fitur terbaru Apple lainnya yang mungkin belum kamu ketahui.

Messages
Fitur pesan di Apple juga diperbaiki pada iOS 14. Sekarang, kamu dapat menanggapi pesan teks tertentu dalam obrolan grup melalui balasan sebaris. Ini mirip dengan fitur threading yang digunakan untuk pesan di aplikasi Slack.

Siri
Siri mendapatkan perbaikan visual. Sekarang, Siri muncul di bagian bawah layar dan tak lagi mengambil alih seluruh iPhone kamu. Siri juga akan mendukung pesan audio.

Apple Translate
Apple Translate terbaru memungkinkan terjemahan waktu-nyata antara dua bahasa. Ini mirip dengan Google Translate, yang memungkinkan kamu berbicara atau mengetik teks untuk terjemahan.

Kunci mobil digital
IOS 14 dan versi saat ini, iOS 13, akan segera mengaktifkan fitur kunci mobil digital yang memungkinkan kamu membuka kunci dan menyalakan mobil kamu memakai iPhone.

Namun sementara ini, kunci ini hanya akan bekerja dengan satu mobil saja, yakni BMW 5-Series 2021 yang akan diluncurkan bulan depan.

Apple mengatakan, saat ini mereka sedang bekerja dengan kelompok industri untuk membawa fitur ini ke lebih banyak mobil.

Indikator privasi dan pelacakan data
IOS 14 mencakup beberapa pembaruan privasi baru. Yang terbesar disebut Privasi Aplikasi. Ini akan menunjukkan kepada kamu jenis informasi pribadi apa yang akan diminta suatu aplikasi, sebelum kamu menggunakannya.

App clips
Apple memperkenalkan bentuk perangkat lunak baru nan ringan yang disebut App Clips. Aplikasi ini dapat diluncurkan melalui web atau pesan teks. Ingat, ini bukan aplikasi lengkap. Mereka hanya klip aplikasi yang mungkin akan kamu gunakan di tempat-tempat tertentu, ketika kamu perlu mendapatkan aplikasi dengan cepat.

Apple maps
Apple Maps juga mendapatkan beberapa pembaruan. Apple maps akan menunjukkan kapan kamu harus berhenti, serta lokasi stasiun pengisian kendaraan listrik, atau bahan bakar bensin di sepanjang rute kamu.

Apple maps juga kini hadir lebih akurat dengan tak hanya menunjukkan kemacetan. Ya, Apple maps bisa menunjukkan zona hijau Covid-19 baru di peta, sehingga kamu dapat melihat seberapa padat suatu kota sebelum kamu memasukinya.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version