Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, October 1, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Penyebab Kecanduan Game dan Cara Mengobatinya

Dok. Diversity Today

Topcareer.id – Kecanduan video game merupakan suatu kondisi kesehatan mental yang nyata yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengenalinya sebagai “Gaming Disorder” dalam Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD-11) sebagai “pola perilaku permainan yang terus-menerus atau berulang, yang mungkin online atau offline, dimanifestasikan oleh gangguan kontrol atas permainan, meningkatkan prioritas lebih tinggi untuk bermain daripada kepentingan hidup dan aktivitas sehari-hari lainnya meskipun terjadi konsekuensi negatif.”

Apa penyebab kecanduan game?
Video game dirancang untuk membuat kecanduan menggunakan psikologi perilaku mutakhir agar orang tetap terhubung dalam game. Permainan adalah pengalaman mendalam yang memberi orang jumlah dopamin yang tinggi, dan paparan berlebih pada tingkat stimulasi ini dapat menyebabkan perubahan struktural pada otak.

Baca juga: Main Game Bisa Sebabkan Kecanduan. Ini Penjelasannya

Orang yang kecanduan game mulai hidup di dunia di mana ia mengharapkan kepuasan instan. Game mudah dimainkan selama berjam-jam tanpa menyadari bahwa satu menit telah berlalu. Game memungkinkan orang yang memainkannya untuk melarikan diri dari dunianya dan menciptakan lingkungan di mana ia merasa aman dan terkendali.

Para developer game juga menggunakan fitur desain game manipulatif seperti pembelian dalam aplikasi, transaksi mikro, dan hadiah oleh beberapa pemerintah dinyatakan ilegal, karena bentuknya mirip dengan perjudian. Kecanduan game ada karena perusahaan game adalah industri bernilai miliaran dolar dan semakin banyak orang yang kecanduan game, semakin banyak uang yang mereka hasilkan.

Cara mengobati kecanduan game
Yang penting untuk diingat adalah bahwa apa pun kesulitan yang kamu coba atasi dalam kehidupannyata, kamu tidak sendirian. Sekarang gangguan kecanduan game telah diakui sebagai penyakit resmi oleh WHO, dengan begini akan semakin banyak bantuan yang bisa didapat untuk mengobati kecanduan game.

Baca juga: Alasan Industri Game Lebih Untung daripada Industri Musik dan Film

Untuk mengobati kecanduan bagi orang dewasa dan anak-anak yang terbaik adalah berobat ke dokter atau pergi ke terapis. Studi tentang mengobati kecanduan video game juga masih dalam tahap awal. Salah satu terapi yang dapat membantu disebut CBT atau terapi perilaku kognitif. Ini adalah konseling kesehatan mental yang mengajarkan orang bagaimana cara mengganti pemikiran tentang game untuk membantu mengubah perilaku.

Jika kamu orang tua dari seorang pecandu game, selain membawa anak ke terapis, kamu juga dapat mendisiplinkan mereka dengan pembatasan waktu bermain. Satu studi menemukan bahwa orang tua yang menjadi bagian dari perawatan anak dalam pengobatan kecanduan game bisa memberi efek yang lebih baik. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply