Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bulan Menjauh dari Bumi 3.78 cm Per Tahun. Ada Apa?

Bulan disimpan di orbit oleh gaya gravitasi yang diberikan Bumi padanya, tetapi Bulan juga mengerahkan gaya gravitasi di planet bumi ini sehingga menyebabkan pergerakan lautan Bumi membentuk tonjolan pasang surut.

Baca Juga: NASA Miliki Tim Kerja yang Khusus Lindungi Bumi dari Alien

Karena rotasi Bumi, tonjolan pasang surut ini sebenarnya berada sedikit di depan Bulan. Sebagian energi Bumi yang berputar akan ditransfer ke tonjolan pasang surut melalui gesekan.

Ini mendorong tonjolan ke depan, menjaganya agar tetap di depan Bulan. Arus pasang memberi makan sejumlah kecil energi ke Bulan, mendorongnya ke orbit yang lebih tinggi.

Fenomena ini mirip dengan pengalaman yang dirasakan seseorang saat menaiki permainan bundaran anak-anak. Semakin cepat bundaran diputar, semakin kuat perasaan terayun ke luar.

Meskipun 3,78cm mungkin tidak tampak banyak, perbedaan kecil ini selama periode waktu yang cukup lama dapat memengaruhi kehidupan di Bumi, membuat planet ini melambat.

Baca Juga: Sampel Batuan dari Planet Mars Diwaspadai Bawa Virus ke Bumi

Di Bumi awal, ketika Bulan baru terbentuk, satu hari panjangnya hanya lima jam, tetapi dengan efek Bulan yang beroperasi terus menjauh dari Bumi selama 4,5 miliar tahun terakhir, satu hari telah melambat menjadi 24 jam hingga sekarang, dan ini akan terus melambat di masa depan.

Beberapa bukti perlambatan dapat dilihat dalam catatan fosil. Dengan melihat pita pertumbuhan karang setiap hari, dapat dihitung jumlah hari yang terjadi per tahun dalam periode sebelumnya, dan dari sini bisa dilihat bahwa hari menjadi semakin lama dengan laju penambahan 19 jam setiap 4,5 miliar tahun.

Manusia memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar untuk memenuhi kebutuhannya. Sayangnya sebagian besar hewan tidak begitu mudah beradaptasi dan jika perubahan ini terjadi dengan cepat karena goyangan planet yang tidak stabil.

Pada saat perubahan besar terjadi suatu saat nanti di masa depan, manusia bahkan mungkin telah menghasilkan teknologi yang dapat mempercepat rotasi Bumi atau membawa koloni manusia ke planet lain yang dapat ditinggali di galaksi ini.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply