Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penelitian: Peningkatan Risiko Kesehatan Bagi Orang Yang Merokok Dan Vape Terhadap COVID-19

Dalam tubuh manusia ada sekitar 13 faktor pembekuan darah yang dapat meningkat karena hipoksia, suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh kekurangan oksigen dalam jumlah yang cukup di tingkat jaringan, seperti yang terjadi dengan merokok. Archie mengatakan COVID-19 tampaknya juga meningkatkan beberapa prokoagulan darah, terutama von Wellebrand Factor, protein pembekuan darah yang terutama mengikat membawa faktor koagulasi VIII dan mempromosikan adhesi trombosit di lokasi luka.

“Ketika faktor koagulan akan meningkat di tubuh kita, akan ada peluang pembentukan gumpalan yang lebih tinggi,” Archie menjelaskan. “Pada akhirnya, itu akan bertanggung jawab untuk beberapa disfungsi vaskular, misalnya, stroke hemoragik atau iskemik.”

Karena COVID-19 dan merokok atau vaping masing-masing meningkatkan faktor pembekuan darah yang pada akhirnya dapat mempengaruhi sistem pembuluh darah otak, Cucullo percaya risiko stroke masih lebih tinggi bagi pasien COVID-19 yang merokok.

“COVID-19 tampaknya memiliki kemampuan ini untuk meningkatkan risiko pembekuan darah, seperti halnya merokok,” tambah Cucullo.” Ini pada akhirnya dapat menyebabkan risiko stroke yang lebih tinggi.

Data studi klinis baru-baru ini juga menunjukkan beberapa kerusakan yang disebabkan oleh COVID-19, terutama pada sistem pernapasan, bersifat permanen. Cucullo mengatakan data yang sama menunjukkan bahwa pasien yang pulih dari COVID-19 masih memiliki risiko tinggi untuk stroke dan usia serta aktivitas fisik tampaknya tidak menjadi faktor.

Beberapa dari mereka dengan faktor risiko tertinggi untuk masalah jangka panjang terkait dengan COVID-19 adalah orang dewasa muda berusia 20-an dan 30-an yang aktif dan dianggap berada dalam kondisi fisik prima.

“Setelah terkena COVID-19, beberapa dari mereka tidak bisa bersih dari memiliki masalah pernapasan. Jadi pemulihan itu semacam pemulihan formal, tetapi beberapa dari efek jangka panjangnya tetap,” tambah Cucullo.

Selain merusak sistem kekebalan dan pembuluh darah dan memicu disfungsi serebrovaskular dan neurologis, merokok dan vaping sering memperburuk hasil bagi pasien yang tertular influenza atau penyakit pernapasan atau paru lainnya. Karena COVID-19 mempengaruhi banyak sistem yang sama di dalam tubuh, Cucullo mengatakan tampaknya logis untuk berpikir risiko kesehatan meningkat untuk pasien COVID-19 yang merokok, tetapi masih terlalu dini untuk diketahui secara pasti.

“Kami bahkan tidak tahu apakah COVID-19 dapat masuk ke otak karena belum ada yang benar-benar memeriksanya,” kata Cucullo. “Saya pikir ini masih sangat awal untuk studi semacam ini; masalah klinis utama adalah vaksin atau mencoba meringankan gejala, khususnya gejala pernapasan, sehingga mereka bahkan tidak sampai sejauh itu. Kami berencana untuk melakukan sesuatu dari sudut pandang itu; ini adalah sesuatu yang pasti akan kita teliti.”**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply