Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Ini Kecapakan yang Dibutuhkan Seorang Arsitek Cloud

Kecakapan dalam berkomunikasi dan naluri bisnis yang tinggi

Ada banyak pihak yang terlibat dalam perjalanan cloud sebuah perusahaan, dari penyedia anggaran, tim keamanan, tim teknis, hingga para pengambil keputusan tentang penyediaan cloud di perusahaan. Maka dari itu, seorang arsitek cloud diharapkan dapat melibatkan diri secara proaktif di setiap rapat terkait hal ini dan selalu siap untuk mengomunikasikan rencana desain mereka kepada semua pihak yang berkepentingan di perusahaan. Arsitek cloud yang sukses adalah mereka yang mengerti bagaimana cara menyampaikan pesan kepada audiens yang minim atau bahkan tidak punya pengetahuan teknis sama sekali, sambil bagaimana mereka menyelaraskan rekomendasi dengan kebutuhan perusahaan dalam meraih pertumbuhan yang mereka hendak raih.

Cepat dalam mengambil keputusan

Acap kali, arsitek cloud menjadi sosok yang begitu dicari-cari oleh pemangku kepentingan tatkala mereka butuh solusi atas permasalahan yang mereka hadapi. Penting bagi seorang arsitek cloud untuk dapat memberikan perspektif yang jelas dan tegas, sebagai jaminan bahwa tidak saja permasalahan tersebut berada di tangan yang tepat untuk ditangani dengan tepat pula, namun juga bahwa solusi cloud yang telah direkomendasikan oleh arsitek cloud aman, tangguh, terjangkau biayanya, dan operasionalnya terkelola dengan prima. Cepat dalam mengambil keputusan bukan lantas berarti harus mendominasi. Arsitek cloud harus dapat memberikan panduan dengan tenang, sehingga menunjukkan bahwa mereka menguasai hal-hal yang memang menjadi bidangnya.

Kecakapan teknis di industri

Seorang cloud architect juga harus memiliki keahlian teknis yang menjadi fondasi dari percencanaan dan manajemen arsitektur cloud. Keahlian-keahlian ini meliputi pemrograman dasar, pengembangan peranti lunak dan integrasi sistem yang berkesinambungan, database, keahlian dalam bidang jaringan dan keamanan, keahlian dalam arsitektur yang mendukung aplikasi-aplikasi modern, serta masih banyak lagi kecakapan teknis lainnya.

Arsitek cloud bisa memperoleh sertifikasi yang diakui oleh industri, seperti AWS Certified Solutions Architect – Associate certification yang meliputi uji kemampuan untuk mendesain serta meluncurkan solusi-solusi yang dirancang dengan baik di platform AWS guna memenuhi seluruh kebutuhan pelanggan.**

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply