Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Faktor Penyebab Kesepian dan Cara Mengatasinya

Tips untuk mencegah dan mengatasi kesepian

Kesepian bisa diatasi. Memang dibutuhkan upaya sadar dari diri sendiri untuk melakukan perubahan. Dalam jangka panjang, membuat perubahan dapat membuat lebih bahagia, lebih sehat, dan memungkinkan untuk mempengaruhi orang lain di sekitar dengan cara yang positif.

Berikut ini beberapa cara untuk mencegah kesepian:

Pertimbangkan layanan komunitas atau aktivitas lain yang disukai
Situasi ini menghadirkan peluang besar untuk bertemu orang-orang dan memupuk persahabatan baru serta interaksi sosial. Semakin banyak teman maka kemungkinan memiliki tambahan sahabat baru juga terbuka. Ini bisa membantu diri dalam mengatasi kesepian

Harapkan yang terbaik
Orang yang kesepian sering memikirkan penolakan, jadi daripada berpikir tentang penolakan, fokuslah pada pikiran dan sikap positif dalam hubungan sosial.

Baca Juga: Studi: Suka Mandi Terlalu Lama, Bukti Kamu Kesepian

Fokus pada pengembangan hubungan yang berkualitas
Carilah orang-orang yang memiliki kesamaan sikap, minat, dan nilai-nilai dengan kamu. Bersama mereka kamu akan selalu menemukan alasan untuk tidak menyendiri dan terus saling berbagi sehingga kesepian tidak akan menghampirimu

Memahami efek kesepian pada hidup
Ada dampak fisik dan mental untuk kesepian. Pahami bahwa kesepian kronis bisa mengganggu kesehatan mental seperti depresi. Dan untuk kesehatan fisik pun bisa terganggu seperti menjadi kecanduan minuman beralkohol, penggunaan narkoba, fungsi otak yang berubah, alzheimer, antisosial, terkena penyakit kardiovaskular dan stroke, memori otak menurun, stres meningkat, pengambilan keputusan yang buruk, hingga depresi dan bunuh diri.

Ketahuilah bahwa kesepian adalah tanda bahwa sesuatu perlu diubah
Dengan mengetahui hal ini, kamu akan secara otomatis bergerak untuk berubah. Kamu akan merasa perlu lebih aktif lagi dalam melakukan sesuatu untuk menjalin interaksi sosial dan mengubah diri agar tidak kesepian lagi dan terhindar dari efek negatifnya pada kesehatan fisik dan mental.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply