Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Minum Kopi dengan Cangkir Warna Putih Bikin Rasa Kopi Jadi Lebih Kuat

Sains di balik wadah kopi ideal

Studi demi studi menemukan bahwa segala sesuatu mulai dari tekstur, ukuran, dan bentuk wadah minum hingga warnanya berdampak pada persepsi konsumen tentang rasa minuman.

Misalnya, sebuah studi lintas budaya tahun 2017 yang meneliti hubungan bentuk-rasa antara mug dan kopi yang disajikan di dalamnya menemukan bahwa subjek uji cenderung mengasosiasikan mug yang lebih sempit dengan aromatik yang lebih tinggi, mug yang lebih pendek dengan kopi pahit dan intens, dan mug yang lebih lebar dengan rasa yang lebih manis.

Penelitian lain, seperti van Rompay et al. pada tahun 2016, telah melihat ke dalam rasa yang dirasakan dari minuman pahit (kopi) versus minuman manis (cokelat panas). Peringkat kepahitan dilaporkan 27% lebih tinggi saat peserta minum dari cangkir dengan pola permukaan bersudut cetak 3D, sementara peringkat rasa manis 18% lebih tinggi saat peserta memegang cangkir dengan permukaan bulat.

Baca Juga: Kopi, Amankah untuk Wanita Hamil?

Fabiana Carvalho PhD, peneliti asal Brasil di balik The Coffee Sensorium, sebuah proyek penelitian akademis tentang rasa. Dia saat ini bekerja untuk mencocokkan wadah tertentu dengan profil rasa kopi tertentu.

Sebagian besar penelitiannya meneliti dampak semua indera lain terhadap rasa kopi yang dirasakan. Menurut studinya, warna cangkir merah muda dan bentuk bulat sangat terkait dengan rasa manis, cangkir berbentuk tulip meningkatkan aroma, dan cangkir berwarna putih membuat rasa kopi lebih kuat.

Hal ini disebabkan oleh indera perasa manusia merasakan makanan secara berbeda tergantung pada karakteristik wadah atau tempat untuk makan dan minum.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply