Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cara Efektif Bersihkan Masker Kain

Sumber foto: Getty Images

Cara membersihkan masker dari kain
Dr. Elliott merekomendasikan untuk membersihkan masker kain setelah digunakan. Sebaiknya sediakan beberapa masker untuk persediaan, jadi masker yang bersih selalu tersedia.

Masker kain bisa dicuci dengan mesin atau tangan. Saat menangani masker yang kotor, sebaiknya kenakan sarung tangan sekali pakai dan jauhkan dari wajah.

  • Jika masker memiliki filter yang dapat dilepas, selalu lepaskan filter sebelum mencuci masker.
  • Kantong cucian jaring adalah cara yang bagus untuk menjaga agar masker tidak kusut jika kamu mencuci dengan mesin bersama pakaian lain.
  • Sortir masker berdasarkan warna. Jangan mencuci masker berwarna dengan masker atau pakaian putih, kecuali kamu yakin kainnya tahan luntur.
  • Setel suhu air pada mesin cuci menjadi panas dan siklus putaran mesin menjadi normal. Jika kamu memilih untuk mencuci masker tanpa mesin cuci, gunakanlah air panas.
  • Gunakan deterjen jenis heavy-duty yang mengandung cukup enzim untuk mengurai kotoran dan keringat di permukaan bagian dalam masker.
  • Gunakan air hangat atau dingin untuk membilas masker.
  • Masker kain harus dikeringkan pada siklus panas tertinggi di pengering otomatis. Jika kamu tidak memiliki pengering, letakkan masker di rak pengering yang terkena sinar matahari langsung.
  • Saat masker sudah kering, simpan dalam wadah atau tas tertutup sampai kamu siap memakainya.

Cara mendisinfeksi masker kain
Selama bertahun-tahun, berbagai metode pembersihan pada kain di laboratorium tekstil telah dilakukan. Mencuci kain dengan air panas dan mengeringkannya dengan pengaturan panas tinggi akan membersihkannya secara efektif.

Namun, jika seseorang di rumah kamu ada yang sakit atau memiliki sistem kekebalan yang lemah, kamu bisa menambahkan disinfektan ke siklus pencucian saat membersihkan masker kain, untuk memastikan bahwa kuman dapat dimatikan.

Jenis disinfektan yang harus digunakan tergantung pada jenis kain masker kamu. Meskipun pemutih klorin adalah disinfektan yang sangat baik, namun pemutih dapat melemahkan dan mengubah warna kain jika digunakan secara tidak benar. Jadi, selalu baca label produk dan ikuti petunjuk dengan cermat.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply