Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Studi Sebut Ini Rahasia Belajar Secara Efektif dan Cepat

Sundar dan timnya mencatat bahwa pembelajaran bahkan semakin terhambat ketika detail yang menggoda ditempatkan tepat di samping data faktual atau informasi terkait, atau jika itu selalu muncul seperti gambar di layar. Fenomena ini juga tampaknya lebih relevan dengan pembelajaran sejarah atau ilmiah.

Untuk memperjelas, tim peneliti tidak ingin menghilangkan kesenangan belajar sama sekali. Detail yang menarik dan alat bantu belajar masih bisa bermanfaat, tetapi harus sesuai topik dan relevan.

“Ini tidak berarti bahwa belajar itu tidak menyenangkan. Kami mungkin perlu melakukan lebih banyak upaya untuk memikirkan bagaimana kami dapat membuat aktivitas belajar itu sendiri menjadi lebih menarik dengan cara yang berkontribusi pada tujuan pendidikan.”

Baca Juga: Kemendikbud Bolehkan Pembelajaran Tatap Muka Di Zona Kuning

Manusia cenderung menghubungkan detail yang lebih kecil ke konsep yang lebih besar, itulah cara otak kita beroperasi. Jadi, ketika detail yang relevan dapat dimasukkan dalam pelajaran, itu pasti dapat membantu dalam hal pembelajaran.

Tapi, ketika detail yang tidak terkait namun menghibur atau menawan dimasukkan, itu benar-benar dapat menggagalkan kemajuan yang dibuat. Penelitian ini difokuskan pada siswa sekolah, tetapi kesimpulannya relevan untuk siapa pun dari semua kelompok umur.**(RW)

Leave a Reply