TopCareerID

Elon Musk Kembangkan Chip yang Bisa Memutar Musik Dalam Otak

Elon Musk. Foto : Istimewa

Topcareer.id – Startup Neuralink yang misterius dari Elon Musk dikabarkan sedang mengerjakan proyek interface otak-komputer yang akan memungkinkan pemakai untuk mengalirkan musik langsung ke otak mereka, demikian klaim pengusaha teknologi itu.

Elon Musk, yang juga memimpin SpaceX dan Tesla, telah dijadwalkan untuk mengungkapkan informasi baru tentang startup misterius ini bulan Agustus 2020, namun sedikit demi sedikit ia merilis rincian melalui Twitternya.

Menanggapi ilmuwan komputer Austin Howard, Elon Musk mengkonfirmasi bahwa teknologi Neuralink akan memungkinkan orang untuk “mendengarkan musik langsung dari chip ciptaannya.”

Dia juga mengatakan bahwa Neuralink “dapat membantu mengontrol kadar hormon dan menggunakannya untuk keuntungan pengguna seperti peningkatan kemampuan dan penalaran, menghilangkan kecemasan, dll.

Sejak didirikan pada tahun 2016, Neuralink hanya mengadakan satu presentasi publik besar tentang bagaimana teknologi akan bekerja.

Tahun 2019, Elon Musk mengatakan perusahaan sedang mengerjakan perangkat “seperti mesin jahit” yang akan menyediakan koneksi langsung antara komputer dan sebuah chip yang dimasukkan ke dalam otak.

Teknologi ini nantinya digunakan untuk membantu penderita penyakit otak seperti Parkinson, meski tetapi tujuan akhir dari Neuralink adalah untuk memungkinkan manusia bersaing dengan kecerdasan buatan yang canggih, katanya.

Chip ini akan dipasang melalui proses yang mirip dengan operasi mata laser Lasik, menurut Elon Musk. Salah satu bagian dari itu akan melibatkan robot bedah saraf, yang akan menghubungkan “benang” fleksibel ke otak yang terhubung ke chip komputer kecil yang ditanamkan.

Sebuah makalah penelitian yang merinci perangkat mengklaim bahwa kabel USB-C tunggal akan memberikan “streaming data bandwidth penuh” ke otak.

Neuralink memiliki 11 lowongan pekerjaan yang tercantum di situs webnya, menawarkan peran sebagai insinyur mesin, insinyur perangkat lunak robotika, dan teknisi histologi.

“Jika Kamy telah berhasil memecahkan masalah sulit dengan ponsel/perangkat yang dapat dikenakan penyegelan, pemrosesan sinyal, pengisian induktif, manajemen daya, dll, Silakan pertimbangkan bekerja di Neuralink,” cuitnya.

Awal bulan Juli 2020, Elon Musk mengisyaratkan bahwa chip Neuralink akan dapat menyembuhkan depresi dan kecanduan dengan “melatih kembali” bagian otak yang bertanggung jawab atas penderitaan ini.

Percobaan telah dilakukan pada hewan dan percobaan manusia rencananya dijadwalkan berlangsung tahun ini, meskipun rinciannya belum diumumkan. Informasi lebih lanjut akan diumumkan pada 28 Agustus 2020.**(Feb)

Exit mobile version