TopCareerID

Stop Malas-malasan! 15 Cara Ini Bisa Pulihkan Motivasimu (Bagian 2)

Topcareer.id – Rasa malas sesekali memang menyenangkan untuk diamini. Tapi kalau terus-terusan, itu akan membuatmu kehilangan banyak hal. Dan itu enggak bagus untuk karier dan hidup kamu, lho.

Karena itu, yuk mulai kembali pulihkan motivasimu kewat 15 langkah sederhana dari Lifehack ini. Semoga ked epannya, tanpa rasa malas, kamu akan semakin mudah untuk meraih sukses.

Bagian akhir dari tulisan.

Bermalas-malasan
Lho kok? Bener kok, seperti yang dibilang di awal artikel, sesekali rasa malas memang menyenangkan untuk dilakukan. Jadi, tak ada salahnya untuk menjadwalkan ini.

Ketika melakukannya, lakukanlah secara total, larutkan segala kelelahan dan stres yang kamu rasakan, agar keesokan harinya, kamu siap untuk berperang lagi.

Kurangi sisi perfeksionis kamu.
Perfeksionis adalah musuh dari produktivitas. Ia punya kekuatan untuk membuatmu kehilangan motivasi dan merasa malas untuk melanjutkannya. Oleh karena itu, mulailah kurangi sisi perfeksionis kamu. Bedakan antara memberi hasil yang maksimal, dengan membuat karya yang terlalu sempurna.

Siapkan hadiah untuk dirimu sendiri
Jangan hanya tuntut dirimu untuk terus-terusan bekerja keras, tapi siapkan juga reward atas apa yang kamu lakukan. Sebagai contoh, saat bekerja, kamu bisa sedikit memanjakan dirimu sendiri dengan snack yang sehat, atau sekadar istirahat yang lebih panjang dari biasanya

Mencari partner
Salah satu cara mudah untuk menyingkirkan rasa malas adalah dengan memiliki partner. Mereka tak hanya akan terus mengingatkanmu agar kembali fokus, tapi juga bisa menjadi sumber energi positif ketika kamu memerlukannya.

Jika keadaan tidak memungkinkan untuk memberikanmu seorang partner kerja, kamu bisa meminta tolong kerabat terdekat untuk membantu memotivasimu. Kadang, kata-kata yang baik dari seseorang yang kamu pedulikan, bisa memberimu motivasi yang cukup untuk kembali beraksi.

Kelilingi dirimu dengan orang-orang yang memiliki motivasi tinggi
Kelakuan dan energi cenderung menular. Jadi cobalah biarkan dirimu dikelilingi oleh orang-orang dengan motivasi tinggi. Itu bisa membantumu menemukan kembali semangatmu dalam melakukan sesuatu, sekaligus menyingkirkan rasa malas dari dalam diri kamu.

Siapkan alarm kesadaran
Jika kamu sering mengabaikan pekerjaan karena terlalu sering bermain medsos, atau menonton film secara streaming. Cobalah membuat alarm kesadaran di handphone, tv, atau laptop kamu.

Biarkan alarm ini berbunyi dengan pesan yang sedikit menyentil. Seperti contohnya, “apakah ini hal yang produktif? Bukankah kamu seharusnya melakukan sesuatu?”

Siapa tahu, dengan alarm itu, kamu akan tersadar untuk segera kembali ke rutinitas kerjamu.

Ubah tugas tersulitmu menjadi sebuah permainan
Semua orang suka permainan. Jadi jika kamu memperlakukan tugas tersulitmu seolah-olah sebagai permainan favoritmu, maka kamu akan lebih bersemangat untuk melakukannya.

Kamu bisa membubuhkan sedikit poin-poin kecil saat mengerjakannya. Sebagai contoh, jika kamu sedang mencuci piring, coba buat catatan score mengenai waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan begitu, fokus kamu pun akan sedikit teralihkan, dan mencuci piring akan jadi lebih seru dari biasanya.

Ubah kemalasan menjadi sesuatu yang menghasilkan
Terakhir, biarkan kemalasanmu mencari cara untuk membuatmu lebih produktif. Sekilas, ini memang tampak tidak masuk akal, namun sebenarnya bisa sangat membantu pekerjaanmu.

Sebagai contoh, rasa malas kamu akan menuntun kamu menemukan cara yang lebih simple dan cepat dalam menyelesaikan tugas. Asalkan itu tidak melanggar aturan, mungkin justru malah bisa menjadi terobosan baru.**(Feb)

Exit mobile version