Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 20, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Penelitian: Orang Optimis Lebih Panjang Umur

Foto Ilustrasi

Mereka mungkin juga lebih baik dalam mengatur stres, kata Lee. Beban stres yang tidak dapat diredakan diketahui memiliki efek negatif pada kesehatan, termasuk peningkatan penyakit jantung, penyakit hati, dan masalah pencernaan.

Psikolog kesehatan klinis Natalie Dattilo, dari Rumah Sakit Wanita dan Brigham di Boston, mengatakan meskipun hal itu tidak muncul secara alami, optimisme dapat diajarkan dan dipelajari. Dalam praktiknya, dia kebanyakan bekerja dengan orang dewasa yang berjuang melawan depresi dan kecemasan – “banyak orang yang khawatir,” katanya. Banyak yang pesimis dan “cenderung melihat sesuatu melalui setengah gelas kosong dan biasanya mengharapkan hasil negatif.”

Dalam perawatan, Dattilo bekerja untuk memperluas pandangan dunia mereka, sehingga asumsi mereka tentang dunia dan diri mereka sendiri lebih menguatkan dan memberdayakan.

Baca Juga: Makan Sehat Demi Umur Panjang, Konsumsi Super Food Ini

“Kami memeriksa pemikiran mereka di bawah mikroskop psikologis,” kata Dattilo, membahas mengapa mereka mengantisipasi hasil negatif tertentu. “Jika kita bisa melihat itu bersama-sama, kita bisa mulai mengungkap sistem kepercayaan dan asumsi yang dibuat orang tentang diri mereka sendiri dalam hidup mereka dan kita bisa mulai mengubahnya.”

Selain itu, dia menekankan, optimisme bukan sekadar tidak adanya depresi atau kesedihan atau stres. “Orang yang berpikir dengan cara optimis masih rentan terhadap stres,” katanya. Tapi cara mereka mengatasi masalah itu yang membuat perbedaan.

“Ketahanan adalah kemampuan kita untuk bangkit kembali, untuk pulih,” katanya. “Dan studi ini menunjukkan bahwa optimisme sebenarnya memainkan peran yang sangat besar dalam kemampuan kita untuk bangkit – bahkan jika kita mengalami kemunduran.”**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply