Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, October 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

5 Tanda Rekan Kerjamu di Kantor Tak Dapat Dipercaya

Topcareer.id – Dunia kerja selalu memiliki kisah uniknya tersendiri, mulai dari drama antar karyawan hingga gosip-gosip yang bisa memutarbalikkan fakta dan membuat hubungan antar karyawan menjadi renggang.

Dalam bekerja dimanapun, baik di kantoran atau bukan, kamu tidak harus berteman baik dengan semua rekan kerja di kantor. Dan sebaiknya kamu memisahkan antara kehidupan pribadi dan profesional.

Namun bukan berarti kamu tidak boleh berteman sama sekali, paling tidak pilihlah teman yang bisa saling percaya dengan kamu. Tentunya kamu tidak ingin berteman dengan orang lain di kantor yang tidak jujur dan selalu berusaha menjatuhkanmu.

Baca Juga: Punya Rekan Kerja Pemalas? Begini Cara Mengatasinya

Nah, berikut adalah 5 tanda yang akan membantu kamu untuk menyortir teman kerja dan menyingkirkan siapa saja yang tidak dapat dipercaya, mengutip TheJobNetwork.

  1. Kamu dijadikan subjek gosip
    Pernahkah kamu curiga bahwa seorang rekan kerja berbisik di belakangmu? Apakah hal-hal yang kamu katakan kepada rekan kerja itu secara diam-diam tersebar di kantor? Ini semua adalah tanda peringatan bahwa seseorang bergosip tentang Anda. Dan jauhi teman seperti itu, kamu tidak bisa mempercayainya.
  2. Kamu telah “dirampok”
    Apakah kamu pernah memiliki ide bagus yang kamu sebutkan kepada rekan kerja yang kemudian ia meneruskan dan menyampaikan ide tersebut sebagai miliknya? Itu bukan tanda peringatan biasa, melainkan lampu merah besar yang mengingatkan dirimu bahwa dia tidak jujur. Jika hal ini terjadi pada kamu, jangan malu mengadakan pertemuan pribadi dengan manajer untuk membicarakan masalah tersebut dan bagaimana kamu harus menanganinya di masa mendatang.
  3. Kamu ditinggalkan
    Pernah menemukan dirimu tersisih dari rapat penting? Mungkin ini hanya kekeliruan yang tidak berbahaya, tetapi mendapati dirimu terlalu sering ditinggalkan mungkin menunjukkan bahwa rekan kerja kamu dengan kemampuanmu dan tidak ingin kamu bersinar dengan berpartisipasi dalam pertemuan kantor yang penting. Jenis perilaku ini harus dilaporkan ke manajemen.
  4. Kamu dijadikan kambing hitam
    Apakah kamu terkadang disalahkan atas kesalahan yang tidak kamu lakukan? Kemudian seseorang mungkin mencoba mengubahmu menjadi kambing hitam di kantor. Ini mungkin pelecehan acak, atau seseorang dari temanmu mungkin mencoba menutupi kesalahannya sendiri dengan menjadikan kesalahan ada pada kamu. Waspasda terhadap teman kerja yang seperti ini.
  5. Kamu adalah korban sabotase
    Apakah proyek yang kamu kerjakan dengan susah payah akhirnya hilang atau presentasi yang terorganisir dengan baik akhirnya berubah secara misterius menjadi berantakan? Kemudian seseorang mungkin dengan sengaja menyabotase pekerjaanmu. Hal ini memang kerap terjadi di dunia kerja. Jauhi teman seperti ini dan pastikan kamu ada bukti kuat bahwa rekan kerjamu yang menyabotase pekerjaanmu sebelum membuat tuduhan apa pun.**(RW)
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply