Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Antibodi Demam Berdarah Bikin Kebal COVID-19

Nicolelis juga menyampaikan bahwa hasilnya sangat menarik karena penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa orang dengan antibodi Dengue dalam darahnya dapat dites positif palsu untuk antibodi COVID-19 bahkan jika mereka tidak pernah terinfeksi oleh virus corona.

“Ini menunjukkan bahwa ada interaksi imunologis antara dua virus yang tidak dapat diduga oleh siapa pun, karena kedua virus tersebut berasal dari keluarga yang sama sekali berbeda,” jelas Nicolelis seraya menambahkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan untuk membuktikan hubungan tersebut.

Studi ini diterbitkan sebelum tinjauan sejawat di server pracetak MedRxiv dan akan diserahkan ke jurnal ilmiah.

Baca Juga: Nyamuk Suka Golongan Darah O, Ini Alasannya

Ini menyoroti korelasi yang signifikan antara insiden, kematian, dan tingkat pertumbuhan COVID-19 yang lebih rendah pada populasi di Brasil di mana tingkat antibodi terhadap demam berdarah lebih tinggi.

Brasil memiliki total infeksi COVID-19 tertinggi ketiga di dunia dengan lebih dari 4,4 juta kasus. Di negara bagian seperti Paraná, Santa Catarina, Rio Grande do Sul, Mato Grosso do Sul, dan Minas Gerais, dengan insiden Dengue yang tinggi tahun lalu dan awal tahun ini, COVID-19 membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tingkat penularan komunitas yang tinggi dibandingkan ke negara bagian seperti Amapá, Maranhão dan Pará yang memiliki lebih sedikit kasus Demam Berdarah Dengue.

Tim menemukan hubungan serupa antara wabah Dengue dan penyebaran COVID-19 yang lebih lambat di bagian lain Amerika Latin, serta Asia dan pulau-pulau di Pasifik dan Samudra Hindia.

Nicolelis mengatakan timnya tidak sengaja menemukan penemuan Dengue, selama studi yang berfokus pada bagaimana COVID-19 telah menyebar ke seluruh Brasil.

Setelah mengidentifikasi titik-titik tertentu yang bebas kasus di peta, tim tersebut mencari penjelasan yang mungkin. Sebuah terobosan datang ketika tim membandingkan penyebaran Dengue dengan penyebaran virus corona.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply