Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tingkatkan Sistem Imun Tubuh dengan Ragam Makanan Seafood

Protein
Berperan dalam sistem kekebalan tubuh, terutama untuk penyembuhan dan pemulihan. Seafood mengandung protein berkualitas tinggi yang mencakup semua asam amino esensial untuk kesehatan manusia, menjadikannya sumber protein yang lengkap.

Vitamin A
Membantu mengatur sistem kekebalan dan melindungi diri dari infeksi dengan menjaga kesehatan kulit dan jaringan dalam sistem pernapasan. Ikan berminyak seperti salmon, king mackerel, cod, tuna adalah sumber vitamin A.

Vitamin B
Sama halnya seperti B2, B6 dan B12 semuanya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik dengan mengatur peradangan sambil mendorong perkembangan sel darah merah dan putih untuk menjaga oksigen tetap mengalir saat melawan penyakit. Makanan laut, baik ikan maupun kerang memiliki beragam vitamin B.

Vitamin D
Berperan penting dalam respon antimikroba bawaan (agen yang membunuh mikroorganisme) yang membantu menjaga sistem kekebalan berfungsi dengan baik. Pilihan makanan laut yang memiliki sumber vitamin D termasuk sarden, salmon, herring dan tuna.

Yodium
Bahan bakar yang menggerakkan semua aktivitas metabolisme dalam tubuh. Karena sistem kekebalan bergantung pada berfungsinya metabolisme agar tetap sehat, yodium berguna untuk memastikan respons kekebalan kamu aktif. Yodium ditemukan dalam jumlah banyak dari makanan laut seperti cod, scallop, lobster, seabass, dan udang.

Magnesium
Magnesium membantu dalam mengatur perkembangan sel kekebalan tubuh. Ikan seperti salmon, mackerel dan halibut semuanya mengandung magnesium.

Selenium
Selenium adalah antioksidan yang membantu menurunkan tingkat stres oksidatif dalam tubuh, yang pada gilirannya mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan. Makanan laut yang mengandung selenium, yakni: tuna, sarden, kerang, dan udang adalah pilihan yang baik.

Kalium dan kalsium
Sarden, salmon dan udang semuanya memiliki sumber kalsium sedangkan ikan dengan sumber kalium yang baik termasuk tuna, cod dan kakap.

Zinc
Zinc atau seng membantu sistem kekebalan bekerja dengan baik dan dapat membantu menyembuhkan luka. Itu ditemukan di sel-sel di seluruh tubuh. Ini membantu sistem kekebalan melawan bakteri dan virus yang menyerang. Kerang seperti tiram, kepiting, dan lobster merupakan sumber seng yang baik. Seng juga ditemukan pada ikan seperti sarden dan salmon.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply