TopCareerID

Pandemi Menginspirasi Dua Pertiga Perempuan Dunia untuk Berwirausaha

Topcareer.id – Bagi beberapa yang beruntung, berwirausaha adalah solusi untuk keseimbangan kehidupan kerja di korporasi yang dinilai buruk. Mungkin, di masa pandemi ini bisa dijadikan momen untuk merencanakan masa depan dengan berwirausaha, pun bagi para perempuan.

Menurut survei internasional baru-baru ini yang terdiri dari 9.000 perempuan (di 15 negara berbeda), hampir dua pertiga ingin membuka bisnis mereka sendiri, terutama untuk menghindari bias sistemik di pasar tenaga kerja.

Survei Kewirausahaan Global tahunan kedua dilakukan oleh Herbalife Nutrition, bekerja sama dengan Onepoll. Kolaborasi serupa terungkap dalam data yang dipublikasikan sehubungan dengan faktor motivasi.

Baca Juga: Penelitian: Pria Lebih Mudah Jatuh Hati dengan Perempuan Berbaju Merah

Bersamaan dengan rasa frustrasi perusahaan, ketidakstabilan yang ditimbulkan oleh pandemi Covid-19 tampaknya menginspirasi perempuan untuk memulai bisnis mereka sendiri. Lima puluh tujuh persen responden mengatakannya dalam laporan baru sebenarnya.

Dikutip dari laman The Ladders, secara kolektif faktor pendorong paling umum yang mengarahkan perempuan untuk memulai bisnis mereka sendiri adalah sebagai berikut:

1. Keinginan untuk menginspirasi para perempuan muda untuk bercita-cita menuju kemandirian (80%).

2. Keinginan untuk mengatur jam kerja, beban kerja, upah dan hasil mereka sendiri (60%).

3. Insiden diskriminasi yang sering terjadi di ekosistem perusahaan termasuk lebih sedikit peluang untuk naik jabatan di dalam perusahaan dibandingkan dengan kolega laki-laki, kurangnya gaji yang setara, atasan laki-laki yang tidak menganggapnya serius, dan kasus pelecehan seksual yang berulang.

Baca Juga: Setengah Juta Lebih Anak Perempuan Berisiko Dipaksa Nikah Dini karena Krisis Corona

Sebanyak 30% responden lainnya mengatakan bahwa mereka sebenarnya menunda memiliki anak karena kurangnya peluang yang tersedia bagi ibu bekerja yang menempati pasar kerja tradisional. Mayoritas yang sama merasa jengkel karena terus-menerus harus mengejar ketinggalan dengan rekan kerja laki-laki mereka.

 “Dua pertiga dari survei mengatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memecahkan ‘langit-langit kaca’ di dunia korporat. Lebih dari setengah perempuan percaya memulai bisnis mereka sendiri akan membantu meningkatkan pendapatan mereka,” tulis laporan itu.

Faktor-faktor lain yang menginspirasi perempuan untuk mempertimbangkan wirausaha kurang lebih didasarkan pada pekerjaan yang fleksibel/kehidupan pribadi (45%), kepuasan kerja yang lebih baik (40%), dan kesempatan untuk mendapatkan apa yang menurut orang itu layak (37%) dalam ukuran yang sama.

Tujuh puluh persen responden mengaku “sangat khawatir” bisnis mereka akan gagal dalam lima tahun. Lima puluh persen dari responden yang sama mengakui ketakutan ini pada uang; secara lebih diam-diam, mereka mengantisipasi bahwa mereka akan mengalami kesulitan dalam mendanai proyek mereka.

“Menjadi wirausahawan tidak selalu merupakan jalan yang mudah, tetapi dengan kesempatan yang tepat, kerja keras, dan komunitas yang mendukung, itu bisa sangat bermanfaat,” jelas Jenny Hienrich dari Herbalife Nutrition dalam pernyataan media.**(RW)

Exit mobile version