Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, December 6, 2020
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Suka Nervous Saat Presentasi? Atasi dengan Cara Ini

Topcareer.id – Rapat bisnis penting baik di kantor atau di manapun sering kali memicu rasa takut karena melibatkan berbagai jenis aktivitas presentasi depan umum.

Ketika semua mata dan telinga audiens tertuju pada kamu baik sebagai presenter utama atau pembicara yang berkontribusi, hal itu dapat memicu saraf dan meningkatkan detak jantungmu.

Tetapi kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa teknik yang bisa kamu gunakan untuk tetap tenang dan hadapi masalah nervousmu.

Baca Juga: Trik Sederhana Atasi Gugup saat Presentasi

Persiapkan pikiran dan tubuh kamu
Lepaskan energi berlebih dengan olahraga yang baik pada pagi hari sebelum berangkat bekerja untuk rapat, dan makan makanan padat dengan protein yang cukup setidaknya beberapa jam sebelum rapat. Protein akan membantu kamu tetap waspada secara mental selama rapat, dan aktivitas olahraga akan membakar kortisol ekstra yang dibangun oleh adrenalin kamu karena terlalu banyak stres. Jika rapat dilakukan dengan orang-orang tingkat tinggi, pastikan kamu mempersiapkan pakaian yang sesuai jauh hari sebelumnya. Jika semuanya gagal menenangkan, tetap tenang saja, karena menurut sebuah studi tahun 2004 di Psychological Bulletin, stres jangka pendek akibat rapat bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kenali audiens dan kuasai materi kamu
Mengetahui apa yang diharapkan peserta rapat lain dari kamu bisa membantumu menyempurnakan presentasi dan apa yang harus dikatakan saat dihadapkan dengan pertanyaan dari audiens. Buat garis besar yang menyajikan informasi yang penting dan bersiaplah dengan jawaban atas pertanyaan apa pun yang menurutmu mungkin mereka lemparkan kepada kamu. Miliki Plan B untuk semua yang kamu presentasikan. Semakin kamu siap dengan materi kamu, maka semakin kamu bisa menarik napas lega saat masuk ke ruang rapat.

Kuasai ruang meeting dan sekitarnya
Jika kamu memiliki akses ke ruang konferensi atau auditorium sebelum rapat, lakukan pengintaian dan awasi tempatnya. Mengetahui di mana kamu akan duduk atau berdiri, bagaimana kamu akan menghubungkan peralatan audio-visual, di mana kamar mandi, dan di mana makanan serta air minum akan disajikan bisa membantu mengurangi ketidaknyamanan di lingkungan yang asing.

Berlatih
Beri diri kamu banyak waktu untuk berlatih dan memikirkan apa yang akan kamu katakan dan tunjukkan. Pengulangan karena aktivitas latihan membantu retensi memori saat tiba waktunya untuk rapat. Temukan partner untuk menjadi audiens latihan kamu, akan lebih jika dia juga seseorang yang akan menghadiri rapat dengan kamu.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply