Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, November 27, 2020
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Upaya Pemerintah dalam Mempersiapkan Vaksinasi Covid-19

Foto Ilustrasi Vaksin Covid-19

Topcareer.id – Pemerintah Indonesia berupaya agar pengembangan vaksin Covid-19 bisa berjalan dengan baik, bahkan terdistribusi secara merata untuk seluruh masyarakat. Perencanaan hingga persiapan dilakukan terkait vaksinasi Covid-19 ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual pada Kamis (12/11/2020) menyampaikan bahwa ke depannya, pemerintah akan membuat dua skema vaksinasi, yaitu vaksinasi bersubsidi dan mandiri.

“Mempersiapkan dengan cermat aturan dan kalkulasi biaya pelaksanaan vaksinasi secara mandiri sehingga harga terjangkau, dan dapat diakses oleh masyarakat secara luas,” ujar Prof. Wiku dalam pemaparannya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pemerintah akan menginformasikan secara komprehensif kepada publik, mengenai manfaat vaksin dan peta jalan pelaksanaan vaksinasi untuk meminimalisasi disinformasi dan penyebaran berita hoaks.

Pemerintah juga akan melibatkan kerja sama lintas sektor seperti organisasi keagamaan untuk mengawal produksi vaksin khususnya terkait isu kehalalan vaksin.

Selain itu, mempersiapkan lini masa pelaksanaan vaksinasi dengan memperhatikan infrastruktur pendukung, jalur distribusi dan interval pemberian vaksin yang akan digunakan per wilayah.

Lalu, lanjut dia, melakukan pelatihan dan simulasi kepada tenaga kesehatan, tenaga keamanan dan relawan yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi.”

“Di samping vaksin, demi mencapai ketahanan kesehatan masyarakat, adaptasi perilaku bersih dan sehat seperti menerapkan protokol kesehatan yang diikuti olahraga yang cukup, makan makanan bergizi secara seimbang, serta tidak lupa menjaga kesehatan mental dengan meminimalisir sumber stres dengan cara beribadah,” pesan Wiku.**(Feb)

Leave a Reply