Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, January 22, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Awas, Virus Corona Dapat Bertahan 28 Hari di 2 Benda Ini

Ilustrasi virus corona. (dok. BBC)

Topcareer.id – Pemerintah selalu mengimbau agar masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan. Salah satunya dengan mencuci tangan guna mengurangi penyebaran virus SARS-CoV-2.

Anjuran ini bukan tanpa sebab, melainkan berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Australia’s National Science Agency, yang menunjukan bahwa virus ini mampu bertahan hingga 28 hari di permukaan beberapa barang seperti uang dan ponsel.

Hal senada juga diungkapkan oleh para peneliti di Commonwealth Scientific and Industrial Research Organization (CSIRO). Di mana mereka menemukan bahwa virus SARS-CoV-2 ini dapat bertahan hingga 28 hari di benda yang memiliki permukaan halus seperti uang kertas maupun layar ponsel dan berada di ruangan yang bersuhu 20 derajat celcius serta gelap.

Namun, jika benda tersebut berada di ruangan yang bersuhu 40 derajat celcius, maka kemungkinan besar virus tersebut hanya dapat bertahan selama 24 jam saja.

Selain itu, para peneliti ini juga percaya jika virus corona hanya bisa bertahan dalam waktu yang singkat pada permukaan benda yang berpori dan berada di suhu ruangan, dan bersuhu tinggi.

Ini artinya, semakin berpori dan semakin tinggi suhu ruangan, maka virus SARS-CoV-2 dapat lenyap dari benda-benda mati tersebut lebih cepat.**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply