Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, April 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Singapura Hampir Bebas COVID-19 Setelah Tambahan Kasus dan Cluster Lokal Berhenti

Warga Singapura. (dok. Anadolu)

Topcareer.id – Setelah pernah memiliki tingkat COVID-19 tertinggi di Asia Tenggara, Singapura telah memberantas virus dan melaporkan 14 hari tanpa kasus lokal baru pada hari Selasa (24/11), dan mengatakan telah memadamkan kelompok infeksi terakhir di asrama pekerja.

Asrama sempit untuk pekerja muda berupah rendah, terutama dari Bangladesh, India, dan China telah menjadi pusat kasus yang membengkak di negara kota itu awal tahun ini.

Sementara Singapura telah melaporkan nol kasus lokal selama dua minggu, ada beberapa orang yang terinfeksi yang datang dari luar negeri yang telah diisolasi secepatnya, kata pihak berwenang.

Singapura adalah salah satu negara pertama yang melaporkan kasus COVID-19 di luar China, tempat virus pertama kali muncul, pada 23 Januari 2020. Telah mencatat lebih dari 58.000 kasus, tetapi hampir semuanya telah pulih dan tingkat kematiannya adalah yang terendah di dunia dengan hanya 28 kematian.

Sebagian besar kasus Singapura terjadi di asrama. Pihak berwenang memberlakukan karantina ketat di fasilitas tersebut, walaupun harus menuai kritik dari kelompok hak asasi manusia.

Selasa (24/11) lalu menandai pertama kalinya Singapura mengatakan tidak memiliki cluster infeksi hidup di seluruh pulau sejak dimulainya wabah.

Singapura harus memberlakukan lockdown selama dua bulan untuk menghentikan penyebaran penyakit pada bulan April. Meskipun kehidupan telah kembali ke keadaan normal sejak saat itu, mengenakan masker adalah wajib, ada aturan jarak sosial yang ketat, dan sebagian besar perbatasan pulau tetap tertutup.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply