Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Fakta-Fakta Varian Virus Corona Baru dan Cara Mencegah Agar Tak Terpapar

virus corona sub varian omicron

Apakah virus corona varian baru lebih menular?

Para peneliti di Imperial College London telah merilis hasil penelitian terhadap ribuan urutan genetik Sars-CoV-2 yang ditemukan di Inggris antara Oktober dan Desember 2020.

Mereka menemukan bahwa varian baru memiliki “keunggulan transmisi substansial”, dengan tingkat reproduksi antara 0,4 dan 0,7 lebih tinggi daripada virus yang tidak dimutasi.

Studi pendahuluan tentang varian virus dari Afrika Selatan juga menyimpulkan bahwa itu lebih menular daripada Sars-CoV-2 biasa.

Bruno Coignard, kepala penyakit menular di otoritas kesehatan Prancis Sante Publique Prancis, mengatakan kepada AFP bahwa penyebaran varian Inggris itu karena “kombinasi faktor”.

“Ini menyangkut karakteristik virus tetapi juga tindakan pencegahan dan pengendalian yang dilakukan,” katanya.

Apakah virus baru ini lebih berbahaya?

Saat ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa virus yang bermutasi menjadi lebih kuat dari biasanya. Hanya saja peningkatan penularan menimbulkan masalah besar.

“Peningkatan penularan pada akhirnya menghasilkan tingkat kejadian yang jauh lebih tinggi, dan bahkan dengan kematian yang sama, ini berarti tekanan yang signifikan pada sistem kesehatan,” kata Coignard.

Adam Kucharski, seorang ahli epidemiologi di LSHTM, mengatakan bahwa virus yang 50 persen lebih menular akan menjadi “masalah yang jauh lebih besar” daripada yang 50 persen lebih mematikan.

Baca Juga: Iran Laporkan Kasus Pertama Varian Baru Virus Corona Dari Inggris

Arnaud Fontanet, seorang ahli epidemiologi di dewan sains Prancis, mengakui pada hari Senin (4/1) bahwa varian baru virus corona di Inggris “sangat mengkhawatirkan saat ini”.

Studi awal juga menyimpulkan bahwa varian asal Inggris secara signifikan lebih menular di kalangan anak muda.

Akankah vaksin tetap bekerja?

Bagaimanapun, vaksin messenger RNA yang dikembangkan oleh Pfizer dan Moderna mengelabui tubuh untuk mereproduksi protein lonjakan virus, bagian yang tepat dari patogen yang telah bermutasi di versi baru.

European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC) mengatakan terlalu dini untuk mengetahui apakah mutasi akan berdampak pada kemanjuran vaksin.

Apa yang dapat dilakukan terhadap mereka?

Coignard mengatakan tidak mungkin untuk memberantas varian virus baru sepenuhnya. Sementara itu ECDC mengatakan bahwa di negara-negara yang saat ini tidak terpengaruh oleh mutasi baru, “upaya untuk menunda penyebaran harus mencerminkan upaya yang dilakukan selama tahap awal pandemi”.

Ini termasuk tes dan karantina pendatang baru, pelacakan kontak dan perjalanan terbatas. Dengan keberuntungan belaka, tes PCR tertentu yang ada dapat mendeteksi varian Inggris.

Oleh karena itu Fontanet menganjurkan pengawasan yang sangat agresif melalui pengujian yang meluas.

Semua orang harus lebih waspada dalam tindakan pencegahan untuk memperlambat penyebaran Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang yang tidak tinggal serumah, menghindari keramaian, memberi ventilasi ruang dalam ruangan dan rajin mencuci tangan.**(RW)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply