Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Desember 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Covid-19

Bisakah Hidup Kembali Normal setelah Divaksin? Ini Jawabannya

Topcareer.id – Perubahan perilaku yang terjadi sejak pandemi Covid-19 melanda terkadang menimbulkan kerinduan tersendiri terhadap rutinitas sehari-hari yang dulu kita lakukan.

Namun sayangnya, meski telah mendapat vaksin, itu belum berarti kita bisa kembali ke kehidupan normal. Ada banyak hal yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk bisa merasakan hidup normal.

“Saya tahu semua orang ingin mendapatkan vaksin dan langsung kembali hidup normal, tetapi sayangnya ini tidak sesederhana itu,” ucap Greg Poland, MD, seorang ahli vaksinasi dan direktur dari Grup Riset Vaksin Mayo Clinic, seperti dikutip dari WebMD.

Baca Juga: Yuk, Terapkan Gaya Hidup Sehat di Rumah selama Pandemi

Poland menambahkan, Vaksin plus masker memungkinkan kita untuk mulai mengembangkan gelembung di antara orang-orang lain yang telah melakukan hal yang sama. Namun, perjalanan menuju hidup normal masih cukup jauh.

“Kedepannya kita akan memiliki lebih banyak data dan perkiraan yang tepat tentang kapan kita jelas untuk kembali normal, tetapi kita belum mengetahui hal-hal itu. Ini juga menjadi lebih rumit karena kemunculan varian baru muncul yang dapat menyebabkan penurunan kemanjuran vaksin.”

Hampir senada dengan Poland, David Cohn, MD, kepala petugas medis di Pusat Kanker Komprehensif Universitas Negeri Ohio di Columbus juga optimis jika kehidupan normal akan kembali.

“Imunitas adalah jalan kami untuk kembali normal,” ujar Cohn. “Hanya ketika sebagian besar penduduk divaksinasi atau kebal terhadap Covid-19, hal ini akan terjadi.”

Ditambahkan Anita Gupta, DO, seorang dokter perawatan kritis di Universitas Johns Hopkins, vaksin adalah salah satu bagian dari strategi pencegahan.

“Mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak sosial adalah bagian dari solusi komprehensif untuk pandemi global yang berdampak pada jutaan nyawa ini.”

“Vaksin saat ini sangat efektif. Vaksinasi yang meluas adalah tiket emas kita menuju masa depan yang lebih baik,” terang Lucy McBride, MD, seorang dokter perawatan primer di Washington, DC.**(RW)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan