Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Minggu, April 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Sosok

Sumbangkan 80 Persen Gajinya, Pria Kenya Ini Dinobatkan Sebagai Guru Terbaik di Dunia

Peter Tabichi

Topcareer.id – Seorang guru sains dari pedesaan di Kenya yang telah menyumbangkan sebagian besar gajinya untuk membantu siswa miskin dinobatkan sebagai guru terbaik dunia dan dianugerahi hadiah sebesar US $ 1 juta pada Maret 2019 atau sekitar Rp 14,1 milyar pada kurs dolar AS saat itu.

Peter Tabichi (36), guru matematika dan fisika di sekolah menengah Keriko di Desa Pwani, di bagian terpencil Lembah Rift Kenya, telah memenangkan Penghargaan Guru Global Varkey Foundation 2019, mengalahkan 10.000 nominasi dari 179 negara.

Tabichi, seorang anggota ordo religius Fransiskan, menerima hadiahnya dalam sebuah upacara di Dubai yang dipandu oleh aktor Hugh Jackman.

Tabichi memberikan 80% dari pendapatannya untuk membantu siswa yang paling miskin di sekolah yang tidak memadai dan tidak mampu membeli seragam dan buku.

Baca Juga: Setelah Guru, Kini Giliran 12.000 Atlet yang akan Disuntik Vaksin Covid-19

Lebih dari 90% muridnya berasal dari keluarga miskin dan hampir sepertiganya adalah yatim piatu atau hanya memiliki satu orang tua.

Meskipun hanya memiliki satu komputer, koneksi internet yang buruk dan rasio siswa-guru 58: 1, Tabichi memulai “klub pemelihara bakat” dan memperluas klub sains sekolah, membantu siswa merancang proyek penelitian dengan kualitas sedemikian rupa sehingga banyak yang sekarang memenuhi syarat untuk mengikuti kompetisi nasional.

Murid-muridnya telah mengikuti kompetisi sains internasional dan memenangkan penghargaan dari Royal Society of Chemistry setelah memanfaatkan tumbuhan lokal untuk menghasilkan listrik.

Tabichi dan empat rekannya juga memberi siswa yang kesulitan pelajaran matematika dan sains, mengunjungi rumah siswa, dan bertemu keluarga mereka untuk mengidentifikasi tantangan yang mereka hadapi.

Saat menerima hadiah, Tabichi berkata: “Saya di sini hanya karena apa yang telah dicapai oleh murid-murid saya. Hadiah ini memberi mereka kesempatan. Itu memberi tahu dunia bahwa mereka bisa melakukan apa saja.”kata Tabichi mengutip laman The Guardian. **(RW)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan