Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Jumat, Juni 18, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

7 Tanda Kamu Gagal dalam Wawancara Online (Bagian 1)

Ilustrasi. (Dok, Jobhouse)

Topcareer.id – Saat ini mungkin hampir setiap kandidat kerja menjalani wawancara dari jarak jauh atau wawancara online. Persiapan dilakukan dengan sempurna, lengkap dengan jawaban ideal untuk setiap pertanyaan. Setelah itu, muncul perasaan apakah wawancara online ini berhasil atau malah gagal?

Faktanya, ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu gagal dalam wawancara jarak jauh yang mungkin bisa menjadi perhatianmu, dan dijadikan pelajaran di interview selanjutnya, seperti melansir dari laman Ladders.

1. Waktu wawancara dipersingkat

Terlepas dari aturan wawancara, wawancara yang dipersingkat adalah tanda paling jelas bahwa kamu tidak berhasil. Untuk alasan apa pun, wawancara yang tampaknya tiba-tiba berakhir biasanya merupakan indikator yang jelas bahwa kamu bukanlah orang yang mereka cari.

Meskipun hal itu dapat dikaitkan dengan berbagai alasan (jadi jangan tersinggung), wawancara singkat tidak selalu berarti buruk. Namun, wawancara yang tiba-tiba terputus entah dari mana bukanlah pertanda baik. Biasanya, wawancara yang baik akan berlangsung sekitar 20-30 menit, berpotensi lebih lama.

2. Tampak jelas pewawancara sedang melakukan sesuatu yang lain

Secara langsung, jika orang lain disibukkan dengan telepon, email, atau hal lain, itu akan sangat jelas. Di dunia digital, orang tampaknya berpikir orang lain tidak akan menyadarinya saat mereka terganggu. Ini tidak benar.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Melamar Pekerjaan Remote

Ini bisa sangat jelas ketika kamu sedang wawancara, dan orang yang mengajukan pertanyaan di sisi lain jelas melakukan sesuatu yang lain. Jeda yang lama di antara pertanyaan, kurangnya perhatian, dan pengalih perhatian lainnya adalah tanda yang jelas bahwa kamu tidak melalui wawancarai dengan baik, atau mereka sudah memilih.

3. Mereka terus melihat jam tangan mereka

Melihat jam tangan dalam tampilan timeshare adalah satu hal, tetapi ketika orang lain melakukannya sambil mewawancaraimu, itu bukan pertanda baik. Seperti nomor dua, pewawancara yang terus-menerus memeriksa jam tangan memiliki hal lain yang harus dilakukan atau makan siang.

Ini tidak berarti kamu tidak lolos 100%, tetapi jika kamu kebetulan melihat mereka memeriksa jam tangannya lebih dari satu kali, dikombinasikan dengan beberapa tanda lain, kamu mungkin tidak melakukannya dengan baik.**(Feb)

Tinggalkan Balasan