Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

10 Kebohongan Kecil Perekrut saat Wawancara, dan Artinya (Bagian 1)

Ilustrasi. Sumber foto: JBCconnect.comIlustrasi. Sumber foto: JBCconnect.com

Topcareer.id – Pernahkah kamu menduga bahwa perekrut juga bisa membohongi kandidat pekerja? Perekrut berpengalaman dalam menggunakan keterampilan orang untuk dapat mengkomunikasikan pesan mereka.

Dalam beberapa kasus, ketika kamu duduk untuk wawancara dengan perekrut, mereka kemungkinan mengatakan kebohongan kecil.

Tapi, kamu tidak perlu merasa tidak berdaya dalam mengartikan bahasa kode mereka. Melansir Ladders, berikut beberapa kebohongan yang digunakan perekrut dan apa artinya.

1. Kamu harus menerima tawaran ini sekarang; sebelum diambil, tidak ada yang lebih baik di luar sana

Ini adalah taktik tekanan umum untuk mengisi posisi dengan cepat, memberi tahumu bahwa tidak ada penawaran lain, 100% bohong. Ingat, selalu ada posisi yang lebih baik, gaji yang lebih baik, dan tawaran yang lebih baik di tempat lain.
Itu tidak berarti bahwa pekerjaan yang kamu lamar ini tidak sesuai, tetapi menekan kandidat untuk berkomitmen adalah teknik perekrut yang terlalu umum.

2. Abaikan ulasan negatif tentang perusahaan ini; mereka tidak benar

Berhati-hatilah saat kamu mendengar pernyataan defensif tentang ulasan, dan pastikan kamu melakukan uji tuntas dalam meneliti perusahaan untuk mendapatkan deskripsi yang akurat tentang reputasi mereka. Dalam banyak kasus, mungkin ada beberapa kebenaran di balik pengaduan tersebut.

Baca juga: 6 Tips Berkarier Di Industri Film, Kreatif Itu Wajib

Kunjungi situs web yang memberikan ulasan lebih rinci tentang perusahaan Bahkan cobalah untuk berbicara dengan karyawan di perusahaan tersebut jika memungkinkan.

3. “Kami akan menghubungi Anda.”

Mungkin kamu pernah mendengar ini dalam sebuah wawancara. “Kami akan menghubungi Anda” adalah pertanda baik bahwa mungkin kamu lolos; namun, tanpa jadwal yang ditentukan dalam proses tindak lanjut, ini berarti kamu mungkin harus mengambil inisiatif untuk menghubungi kembali. Di sisi lain, itu juga bisa berarti kamu bukan orang yang mereka cari, tapi mereka tidak ingin memberi tahumu.

4. Kamu pasti terlihat hebat dalam hal ini

Dalam beberapa kasus, perekrut mencoba untuk menyatakan secara profesional bahwa kamu bukanlah kandidat terbaik yang dapat memenuhi tanggung jawab pekerjaan atau bukan merupakan koneksi selama wawancara. Pastikan untuk membaca bahasa tubuh untuk memahami konteksnya.

5. Kami menerima nama Anda melalui kontak kami yang memilih untuk tidak disebutkan namanya

Terkadang perekrut mungkin menghubungimu di platform populer seperti LinkedIn atau mengirimi email. Saat kamu bertanya bagaimana mereka menemukanmu, mereka mungkin menyebutkan “Sumber anonim”.

Ini jelas merupakan bahasa kode untuk menyatakan bahwa mereka sendiri telah melakukan penelitian tentang dirimu di open-source dan oleh karena itu menandai dirimu sebagai kandidat potensial.**(Feb)

Leave a Reply