Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Mei 13, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jangan Pernah Beri Anjing Peliharaanmu Makanan Ini! (Bagian 2)

Ilustrasi. (dok. The Dogington Post)

Topcareer.id – Jika kamu penyayang hewan, khususnya anjing dan kamu memeliharanya, memberi anjing kamu sedikit makanan manusia memang tidak terlalu buruk, namun jika itu makanan yang tepat.

“Ada makanan yang aman bagi manusia, tetapi tidak aman untuk anjing,” kata Cailin Heinze, ahli gizi hewan bersertifikat dan asisten profesor di Sekolah Kedokteran Hewan Cummings di Universitas Tufts, AS.

Beberapa makanan seperti coklat, memang enak bagi manusia, tapi ini beracun bagi anjing. Nah, berikut ini daftar makanan yang sebaiknya tidak kamu berikan kepada anjing peliharaanmu.

Bagian kedua dari artikel:

Cokelat
Meskipun manusia memakan cokelat, namun cokelat mengandung zat beracun bagi anjing yang disebut methylxanthines, khususnya theobromine, yang merupakan stimulan.

Baca juga: Mengharukan, Seekor Anjing Berlari Meminta Tolong saat Pemiliknya Jatuh

Sedikit saja cokelat dapat menyebabkan diare dan muntah pada anjing, sedangkan terlalu banyak dapat menyebabkan anjing kejang, fungsi jantung tidak teratur dan bahkan kematian. Makan satu butir cokelat M&M memang tidak akan membunuh anjing peliharaan kamu, tetapi satu batang coklat susu mungkin bisa, terutama pada anjing yang lebih kecil.

Alkohol
Jika terlintas dalam pikiranmu untuk memberi anjing peliharaanmu minuman beralkohol, sebaiknya kamu tidak usah memiliki anjing. Alkohol bisa mempengaruhi anjing dengan cara yang sama seperti pengaruhnya terhadap manusia.

Alkohol dapat membuat anjing muntah dan diare. Alkohol juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan, koma, dan bahkan kematian. Semakin kecil anjingnya, semakin buruk efeknya.

Xylitol
Xylitol adalah pemanis buatan yang digunakan dalam makanan. Makanan yang dipanggang, beberapa jenis selai kacang, permen, dan permen karet, sering kali mengandung xylitol.

Pada anjing, xylitol dengan cepat diserap ke dalam aliran darahnya yang akan menyebabkan pankreas anjing melepaskan banyak insulin. Itu dapat menyebabkan penurunan cepat tingkat gula darahnya (hiperglikemia) dan kemungkinan gagal hati.

Kafein
Kafein juga bisa membunuh anjing peliharaan kamu. Jangan pernah memberikan es krim atau minuman rasa kopi kepada anjing. Semuanya mengandung kafein.

Beberapa jilatan kopi yang tumpah di lantai tidak akan membuat anjing kamu sakit, tetapi jika mereka berhasil diam-diam meminum secangkir kopi, itu bisa membuat mereka hiperaktif, gelisah dan bahkan menyebabkan mereka mati.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan