Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, September 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Melamar Kerja, Perlukah Menggunakan Alat Pembuat Resume?

Topcareer.id – Membuat resume adalah tugas penting dalam kehidupan seorang profesional, tetapi juga bisa menjadi tugas yang sangat berat di mana kamu membuat banyak keputusan. Font apa yang harus digunakan? Berapa banyak halaman resume? Haruskah saya memasukkan magang kuliah saya?

Dalam laman Ladders, Steve Saah, direktur eksekutif untuk keuangan dan akuntansi Robert Half, membantu mencari tahu apakah kandidat harus menggunakan pembuat resume (resume builder)saat menyusun aplikasi mereka.

Apa itu pembuat resume?

Pembuat resume adalah alat yang sering kali merupakan proses otomatis di mana kamu mengikuti template dan memasukkan informasimu. Alat ini akan menanyakan serangkaian pertanyaan kepadamu dan kemudian mengambil informasi yang kamu berikan untuk membuat resume.

Haruskah kamu menggunakan pembuat resume?

Pada akhirnya, Saah tidak berkecil hati menggunakan pembuat resume tetapi mendorong kandidat untuk membuat setiap resume spesifik untuk setiap pekerjaan yang mereka ajukan lamaran.

“Saya pikir itu dapat berdampak buruk pada individu jika mereka tidak meluangkan waktu dalam menyesuaikannya untuk pekerjaan atau perusahaan tertentu yang mereka lamar,” kata Saah.

Dengan membaca deskripsi pekerjaan, meneliti perusahaan, dan memasukkan bahasa sehari-hari industri, kandidat akan dapat membuat resume mereka menonjol untuk aplikasi pekerjaan tertentu. Jadi, jika kamu dapat melakukannya dengan pembuat resume, lanjutkan dan lakukan itu.

Baca juga: Merusak Psikologis, Jangan Katakan 6 Hal Ini di Kantor (Bagian 1)

Namun seringkali, terutama bagi kandidat yang baru memasuki dunia kerja, sulit untuk membuat resume yang unik dan menarik dengan pembuat resume.

“Masalah dengan pembuat resume yang saya lihat selama bertahun-tahun adalah jika kamu menggunakannya sebagai tujuan akhir, kamu akan mendapatkan produk jadi yang terlihat sangat umum,” kata Saah.

Resume yang dibuat secara khusus untuk posisi dan perusahaan tertentu akan jauh lebih berhasil daripada “dokumen tipe plug and play” yang dikirim kandidat ke perusahaan mana pun yang dapat mereka temukan.

Secara umum, menggunakan pembuat resume menciptakan produk yang tidak terlihat sangat halus, profesional dan tidak membedakan keahlianmu dari resume lain yang dilakukan dengan cara itu.

“Saya pikir resume builder dapat menjadi alat luar biasa yang membantumu memulai proses, tetapi pada akhirnya saya akan mendorong orang untuk duduk bersama seseorang di industrimu yang dapat membantu memandu melalui proses bagaimana membedakan dirimu sendiri,” kata Saah.

Saat bertemu dengan seorang profesional atau perekrut industri, Saah merekomendasikan untuk menanyakan bagaimana kamu dapat membuat resume yang menonjol, dibangun dengan baik, dan paling sesuai dengan posisi tertentu.

Tinggalkan Balasan