Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 6, 2022
redaksi@topcareer.id
Kerja Dari Rumah

Tantangan Bekerja dari Rumah, Biaya Internet hingga Waktu

Ilustrasi. (dok. Forbes)

Topcareer.id – Sejak pandemi melanda, bekerja di luar kantor, tepatnya dari rumah alias WFH sudah bukan menjadi hal yang asing lagi.

Banyak yang menyambut baik kebijakan ini, apalagi ketika mereka tak perlu macet-macetan berangkat dan pulang dari kantor, dan bisa bekerja dengan lebih efektif.

Tapi, jangan salah, bukan berarti semuanya menyenangkan lho saat kerja dari jarak jauh.

Berikut beberapa kesulitan yang akan kamu rasakan saat bekerja dari rumah.

Kesendirian
Saat bekerja dari luar kantor, secara tidak langsung kita telah memutus komunikasi tatap muka dengan rekan-rekan kerja kita, yang bisa jadi di antaranya adalah teman yang cukup dekat.

Meski masih bisa berkomunikasi lewat kecanggihan teknologi, namun rasanya tetap berbeda.

Untuk pekerjaan, ini sangat-sangat tidak ada masalah, tapi untuk pertemanan, atau hubungan yang lebih personal, jarak tentu akan menimbulkan dampak yang cukup terasa.

Hal ini bisa menimbulkan efek kesepian, apalagi jika kita cenderung introvert, atau susah berkenalan dengan orang-orang baru.

Disiplin
Bekerja dari jarak jauh bukan berarti liburan lho. Pekerjaan tetap menjadi prioritas dan terkadang menumpuk untuk diselesaikan.

Jika kita membiarkannya menumpuk, ini akan membuat pekerjaan kita berantakan dan tidak terkendali. Oleh karena itu, disiplin adalah salah satu syarat utama untuk bisa bekerja dari jarak jauh.

Baca juga: Survei: Saat Pandemi Berakhir, Pilih WFH atau Ngantor Lagi?

Perusahaan juga biasanya akan menerapkan kebijakan untuk melaporkan pekerjaan kita di setiap harinya, untuk memastikan pekerjaan kita selesai dengan baik.

Selain itu, kita juga harus tegas untuk menerapkan jam kerja meski dari rumah. Jangan biarkan masalah rumah tangga, membuatmu jadi menunda-nunda pekerjaan.

Perbedaan waktu
Ini sebenarnya bukan masalah sama sekali apabila kita bekerja di kota yang sama. Namun, jika kita bekerja untuk perusahaan asing, atau kebetulan kita bertempat di sebuah negara yang siang dan malamnya cukup berbeda dengan kita, ini tentu membutuhkan manajemen waktu yang baik.

Merubah jadwal tidur dan aktivitas bisa jadi akan kita lakukan agar bisa maksimal dalam bekerja.

Biaya internet
Meski ada perusahaan yang memfasilitasi internet dan biaya pulsa untuk bekerja, namun ada juga yang tidak.

Itu berarti, kita harus siap untuk mengeluarkan biaya lebih untuk internet, dan mungkin juga listrik untuk pemakaian komputer, ac, charging handphone, laptop, dan pemakaian elektronik lain yang lebih banyak dari biasanya.

Tapi, semua ini sebenarnya bisa disiasati dengan efektivitas kita dalam bekerja. Contohnya seperti membatasi browsing atau menonton YouTube untuk hal-hal di luar pekerjaan.

Hingga mencoba hemat energi dengan perangkat-perangjat elektronik kita di rumah.

Nah bagaimana, sudah siap belum untuk terus-terusan bekerja jarak jauh?**(Feb)

the authorSherley Agnesia

Tinggalkan Balasan