Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, March 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Studi: Konten Selebgram Bikin Kesehatan Mental Netizen Terganggu

Instagram. sumber foto: CPO MagazineInstagram. sumber foto: CPO Magazine

Topcareer.id – Selebriti medsos (media sosial) utama termasuk Kim Kardashian, Justin Bieber dan Charli D’Amelio termasuk di antara selebriti yang pengikut Instagramnya, atau yang akrab disebut netizen mengalami perasaan lebih negatif tentang citra diri mereka, menurut penelitian internal Facebook yang diungkapkan oleh Wall Street Journal minggu ini, yang menimbulkan pertanyaan tentang dampak budaya selebriti online.

The Journal merilis dek slide penelitian yang bocor pada Rabu (29/9/2021), yang menjadi dasar artikel yang diterbitkan awal bulan ini yang mengatakan bahwa Facebook tahu bahwa aplikasinya membahayakan kesehatan mental beberapa netizen yang kebanyakan gadis remaja dan pengguna muda.

Penelitian yang berjudul “Perbandingan sosial di Instagram,” mensurvei 100.000 orang pada Maret dan April 2020 di sembilan negara, termasuk Amerika Serikat, Australia, dan Brasil.

Juru bicara Facebook Kevin McAlister mengatakan responden survei tidak diminta untuk menyebutkan akun tertentu, tetapi peneliti menemukan akun selebriti adalah “beberapa akun yang paling sering dilihat untuk orang-orang yang memberi tahu kita bahwa mereka mengalami tingkat perbandingan sosial negatif yang lebih tinggi atau lebih rendah di Instagram, berdasarkan data internal perusahaan.

Dia mencatat temuan itu masuk akal karena selebritas yang terdaftar masing-masing memiliki lebih dari 30 juta pengikut.

Peneliti Facebook tidak mempelajari apakah paparan pengguna ke akun selebriti tersebut menyebabkan perasaan negatif tentang diri mereka sendiri.

Baca juga: Pesan Squid Game: Jangan Terlalu Miskin, Jangan Terlalu Kaya

Penyanyi Ariana Grande dan model Kendall Jenner termasuk di antara selebriti yang pengikutnya merasakan perbandingan sosial yang lebih negatif, menurut peneliti Facebook.

Peneliti Facebook mencatat di slide deck bahwa perusahaan dapat bermitra dengan bintang-bintang di kampanye untuk mengurangi perbandingan negatif.

Di sisi lain, akun Instagram milik “The Ellen Show,” yang dipandu oleh komedian Ellen DeGeneres, aktor Amerika Will Smith dan pemain sepak bola Brasil Neymar memiliki pengikut yang merasa “kurang negatif,” menurut dek slide penelitian.

Temuan ini penting mengingat bahwa Instagram membantu merintis munculnya influencer media sosial dan melakukan upaya untuk merekrut selebriti ke aplikasi pada hari-hari awal.

Para peneliti Facebook menemukan bahwa melihat lebih banyak konten selebriti di feed Instagram dikaitkan dengan lebih banyak perbandingan negatif. Hampir setengah dari konten yang dilihat orang di Instagram berasal dari selebriti, menurut penelitian tersebut.**(Feb)

Leave a Reply