TopCareerID

WHO Sarankan Suntik Vaksin Covid Tambahan untuk Orang Gangguan Kekebalan

Ilustrasi vaksin. Dok/Kaspersky

Topcareer.id – Organisasi Kesehatan Dunia pada Senin (11/10/2021) merekomendasikan agar orang yang mengalami gangguan kekebalan imun diberi dosis tambahan vaksin COVID-19, karena risiko infeksi terobosan yang lebih tinggi setelah imunisasi standar.

Kelompok Ahli Penasihat Strategis tentang imunisasi mengatakan dosis tambahan harus ditawarkan sebagai bagian dari seri primer yang diperpanjang karena individu-individu ini cenderung tidak merespon secara memadai terhadap vaksinasi mengikuti seri vaksin primer standar dan berisiko tinggi terkena COVID-19 yang parah.

Direktur vaksin WHO Kate O’Brien, mengacu pada orang-orang dengan kekebalan yang lebih rendah karena kondisi lain, mengatakan dalam jumpa pers.

“Rekomendasinya adalah untuk vaksinasi ketiga, vaksinasi tambahan dalam seri primer dan lagi yang didasarkan pada bukti yang menunjukkan bahwa imunogenisitas dan bukti tentang infeksi terobosan sangat tidak proporsional diwakili oleh orang-orang itu,” kata O’Brien.

Panel juga merekomendasikan agar orang yang berusia di atas 60 tahun menerima dosis tambahan dari suntikan yang dibuat oleh pembuat vaksin China Sinopharm dan Sinovac sekitar satu hingga tiga bulan setelah menyelesaikan jadwal mereka, mengutip bukti dalam penelitian di Amerika Latin bahwa mereka berkinerja kurang baik dari waktu ke waktu.

Baca juga: WHO Sarankan Suntik Vaksin Covid Tambahan untuk Orang Gangguan Kekebalan

Data pengamatan pada suntikan Sinopharm dan Sinovac dengan jelas menunjukkan bahwa pada kelompok usia yang lebih tua, vaksin bekerja kurang baik setelah dua dosis, menurut Joachim Hombach, sekretaris panel ahli independen yang mengadakan pertemuan tertutup lima hari terakhir pekan.

“Kami juga tahu bahwa penambahan dosis ketiga atau pindah ke jadwal dua-tambah-satu memberikan respons (kekebalan) yang kuat. Jadi kami berharap dari sana perlindungan yang jauh lebih baik,” katanya.

Otoritas kesehatan yang menggunakan vaksin Sinopharm dan Sinovac harus bertujuan pertama untuk memaksimalkan cakupan dua dosis pada populasi yang lebih tua dan kemudian memberikan dosis ketiga, kata panel tersebut.

Kelompok SAGE, yang terdiri dari para ahli independen yang membuat kebijakan tetapi bukan rekomendasi peraturan, akan meninjau semua data global tentang suntikan penguat dalam pertemuan 11 November, di tengah pertanyaan tentang varian dan potensi berkurangnya kekebalan, kata O’Brien.

Saat ini sekitar 3,5 miliar dosis vaksin COVID-19 telah diberikan, kata O’Brien.

Exit mobile version