Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Berapa Pertanyaan yang Perlu Diajukan Usai Wawancara Kerja?

Ilustrasi menjawab pertanyaan soal "Di mana kamu melihat dirima 5 tahun ke depan?" - interview kerja.Ilustrasi menjawab pertanyaan soal "Di mana kamu melihat dirima 5 tahun ke depan?" - interview kerja. (Dok. Money Crasher)

Topcareer.id – Kamu mungkin berniat mengajukan pertanyaan usai sesi wawancara selesai. Pertanyaan di akhir sesi memang bisa membuatmu lebih menonjol. Namun, pernahkah kamu bertanya berapa pertanyaan yang harus diajukan saat sesi wawancara selesai?

Momen ini memang benar-benar kesempatan terbaik untuk mengajukan pertanyaan yang paling penting. Sarah Vermunt, profesor bisnis yang menjadi pelatih karier dan penulis merekomendasikan untuk menyiapkan lima pertanyaan karena kemungkinan beberapa akan dijawab selama wawancara.

“Kamu perlu mengajukan satu atau dua pertanyaan bijaksana untuk menunjukkan bahwa kamu siap untuk pekerjaan ini dan benar-benar tertarik. Jika kamu mengajukan lebih dari dua pertanyaan, itu mengatakan kepada manajer perekrutan bahwa kamu terlalu tinggi pemeliharaannya,” kata Sarah dalam laman Ladders.

Dia memberikan beberapa contoh pertanyaan yang mungkin kamu tanyakan:

  • Siapa orang yang paling dekat dengan saya bekerja di posisi ini?
  • Keterampilan apa yang paling saya butuhkan untuk menggunakan peran ini?
  • Apa yang terus menjadi tantangan terbesar dalam posisi ini?

Bagaimana cara mengajukan pertanyaan setelah kamu meninggalkan wawancara?

Bagi sebagian orang, tekanan untuk tampil baik dalam sebuah wawancara dapat berarti bahwa mereka juga tidak berpikir keras. Mereka telah mengajukan pertanyaan yang mereka siapkan, tetapi mungkin ada pertanyaan yang tersisa yang muncul setelah wawancara langsung. Apakah pantas untuk kembali dan mengajukan pertanyaan lebih lanjut kepada manajer perekrutan?

Baca juga: 6 Tips Memulai Karier Sebagai Influencer (Bagian 1)

“Ya, tetapi lakukan dengan penuh pertimbangan. Pilih pertanyaanmu dengan bijak. Kamu tidak ingin memberi kesan bahwa kamu hanya tertarik pada uang.”

Kuncinya adalah untuk melunakkan pertanyaan tajam dan memastikan kamu menanyakannya dengan cara yang tidak akan menimbulkan tanda bahaya tentang dirimu sebagai kandidat.

Sarah menjelaskan bahwa kamu tidak perlu mengajukan pertanyaan seperti, “Bagaimana omset di posisi ini?” Lebih baik tanyakan, “Berapa lama orang bertahan di posisi ini, dan ke mana biasanya orang pergi ketika mereka keluar dari posisi itu?”

Pertanyaan lembut lain yang dapat kamu tanyakan adalah, “Bagaimana Anda menangani keputusan tentang kembali bekerja? Siapa yang dikonsultasikan saat membuat keputusan tersebut? Bagaimana Anda sampai pada keputusan itu?”

“Bagaimana mereka menjawab pertanyaan ini memberi tahumu apakah mereka konsultatif dengan staf atau apakah mereka mengambil pendekatan top-down untuk pengambilan keputusan. Ini juga akan memberimu indikasi budaya yang lebih luas dalam organisasi,” kata Sarah.**(Feb)

Leave a Reply