Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Catatan Einstein dengan Sketsa Teori Relativitas Terjual Rp187 Miliar

Catatan Albert Einstein. (source: Reuters)

Topcareer.id – Sebuah manuskrip yang ditulis bersama (co-authored) oleh Albert Einstein, menawarkan wawasan langka tentang pemikiran fisikawan legendaris yang mengarah ke teori relativitas umumnya, dijual dalam lelang pada Selasa (23/11/2021) seharga 11,7 juta euro (Rp187,7 miliar).

Rumah lelang Christie’s memperkirakan nilai manuskrip itu antara 2 juta hingga 3 juta euro.

Kertas setebal 54 halaman, sekitar setengahnya berisi tulisan tangan Einstein, adalah satu dari hanya dua dokumen kerja yang diketahui di mana sang pemikir mendekati teorinya yang terkenal yang meletakkan dasar bagi kosmologi dan teknologi modern seperti navigasi GPS.

Mereka telah disimpan dalam pengawasan fisikawan Swiss Michele Besso, teman dekat dan mitra akademik Einstein, yang ikut menulis karya antara tahun 1913 dan 1914.

“Itu juga yang membuatnya sangat penting mengingat dokumen kerja Einstein sebelum 1919 sangat langka,” kata Vincent Belloy, pakar Christie’s yang menjadi tuan rumah lelang di Paris.

“Einstein adalah seseorang yang menyimpan sangat sedikit catatan, jadi fakta bahwa manuskrip itu selamat dan sampai kepada kita sudah membuatnya benar-benar luar biasa,” tambahnya.

Baca juga: Spotify Akhirnya Punya Fitur Live Lyrics! Cocok Buat Karaokean

Sebagian besar terdiri dari perhitungan tak berujung dengan tinta hitam di atas kertas yang kusut dan sedikit menguning, manuskrip itu menantang citra populer Einstein sebagai seorang jenius mutlak, karena itu menunjukkan bahwa seorang Einstein setidaknya kadang-kadang membuat kesalahan.

“Einstein membuat kesalahan dalam manuskrip ini, dan menurut saya membuatnya lebih besar lagi, karena kita melihat kegigihan, pemikiran yang sedang dalam proses pembangunan, yang sedang dikoreksi dan diarahkan kembali,” kata Belloy.

Pada bulan Mei, sebuah surat tulisan tangan di mana Einstein menyebutkan persamaan E=mc²-nya yang terkenal, bagian dari teori relativitas khusus sebelumnya, terjual dengan harga sekitar satu juta euro di Amerika Serikat, lebih dari tiga kali harga perkiraannya.

Dengan teori relativitas umumnya yang diterbitkan pada tahun 1915, Einstein merevolusi fisika modern ketika ia pertama kali menggambarkan gravitasi sebagai lengkungan geometris ruang dan waktu, sebuah temuan yang tetap valid.**(Feb)

Leave a Reply