Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Januari 24, 2022
redaksi@topcareer.id
Covid-19

WHO: 500 Juta Lebih Warga Dunia Jatuh Miskin Karena Pandemi

Ilustrasi kemiskinan. (dok. United Nation/UN)

Topcareer.id – Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Bank Dunia, lebih dari setengah miliar orang secara global masuk ke dalam kemiskinan ekstrem tahun lalu karena mereka membayar biaya kesehatan dari kantong mereka sendiri selama puncak pandemi COVID-19.

Pandemi tersebut mengganggu layanan kesehatan secara global dan memicu krisis ekonomi terburuk sejak 1930-an, sehingga semakin sulit bagi orang untuk membayar perawatan kesehatan, menurut pernyataan bersama dari kedua organisasi tersebut pada Minggu (12/12/2021).

“Semua pemerintah harus segera melanjutkan dan mempercepat upaya untuk memastikan setiap warganya dapat mengakses layanan kesehatan tanpa takut akan konsekuensi finansial,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Baca juga: WHO Optimis Vaksin COVID-19 Mampu Atasi Omicron

Tedros mendesak pemerintah untuk meningkatkan fokus mereka pada sistem perawatan kesehatan dan tetap berada di jalur menuju cakupan kesehatan universal, yang didefinisikan WHO sebagai setiap orang mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang mereka butuhkan tanpa kesulitan keuangan.

Perawatan kesehatan adalah masalah politik utama di Amerika Serikat, salah satu dari sedikit negara industri yang tidak memiliki perlindungan universal bagi warganya.

Secara global, pandemi memperburuk keadaan dan cakupan imunisasi turun untuk pertama kalinya dalam 10 tahun, dengan kematian akibat tuberkulosis dan malaria meningkat.

“Dalam ruang fiskal yang terbatas, pemerintah harus membuat pilihan sulit untuk melindungi dan meningkatkan anggaran kesehatan,” kata Juan Pablo Uribe, direktur global untuk kesehatan, nutrisi, dan populasi di Bank Dunia.

Tinggalkan Balasan