TopCareerID

Ini 5 Jenis Gangguan yang Sering Hadir saat Kerja di Rumah

Ilustrasi. (dok. iStock)

Topcareer.id – Saat harus menerapkan kerja dari rumah (working from home), banyak macam tantangan gangguan yang harus dihadapi. Seringnya gangguan-gangguan itu jauh lebih menarik daripada tugas di layar laptop.

Padahal, gangguan-gangguan itu dapat menurunkan produktivitas, bahkan memotong keuntunganmu. Kamu yang sedang kerja dari rumah saat pandemi, mungkin akan langsung paham apa saja gangguan yang menghampiri. Berikut beberapa gangguan kerja dari rumah, seperti dalam laman The Balance Careers.

1. Teman dan keluarga

Kelihatannya tidak baik untuk menyebut teman dan keluarga sebagai gangguan, tetapi jika mereka tidak mengerti ketika kamu “bekerja dari rumah” itu berarti kamu sedang bekerja, maka mereka adalah pengalih perhatian.

Mulai dari anak-anak, pasangan, teman, bahkan tetangga juga bisa jadi penyita waktu saat kerja dari rumah. Penting untuk menempatkan pengasuhan anak yang tepat dan menetapkan aturan kerja di rumah.

2. Pekerjaan rumah

Jika kerja di kantor, kamu mungkin tidak akan mencoba untuk nyuci di sela-sela rapat. Tapi, kalau di rumah, sebagian besar berpikir, mungkin tidak apa-apa untuk menyelesaikan sedikit pekerjaan rumah selama jam kerja. Eits, kamu tidak bisa membiarkannya mengambil alih.

Tergantung pada pekerjaanmu, mungkin baik-baik saja jika untuk mencuci piring sarapan saat rehat kopi pagi, tapi setop sampai situ. Dan cara terbaik untuk tetap terkendali adalah memiliki rencana. Menetapkan (dan berpegang teguh pada) jadwal pekerjaan rumah untuk seluruh keluarga, termasuk tugas untuk anak-anak.

Baca juga: Daftar Aktivitas Di Media Sosial Yang Bisa Bikin Kamu Dipecat

3. Email dan pesan instan

Tidak semua gangguan bersifat pribadi. Kadang-kadang gangguan sebenarnya bisa menjadi bagian dari fungsi penting dari pekerjaan kita. Sebagai contoh, meskipun email dan pesan instan sangat penting saat kerja di rumah, tapi itu bisa menghabiskan banyak waktu.

Belajar menulis email yang efektif dapat membantu karena jika kamu jelas dalam email, kamu dapat menghindari banyak pertanyaan bolak-balik. Namun, kadang-kadang kita hanya perlu menyingkirkan alat-alat ini untuk fokus pada tugas yang ada.

4. Telepon

Seperti halnya email, telepon sangat penting saat kerja dari rumah. Namun, ini adalah gangguan yang bahkan lebih cepat terjadi. Baik panggilan telepon pribadi maupun yang terkait dengan pekerjaan dapat membuatmu keluar dari tugas. Manfaatkan ID penelepon dan biarkan panggilan masuk ke pesan suara saat kamu sibuk. Batasi panggilan pribadi selama jam kerja.

5. Media sosial dan surfing Web

Jika hal ini dilakukan dan kurang pengawasan maka dapat memperburuk penerapan sistem kerja dari rumah. Jika ini masalah bagimu, kamu mungkin harus benar-benar mematikannya selama jam kerja. Jika itu hanya godaan kecil, cukup membatasi waktu tertentu mungkin efektif.**(Feb)

Exit mobile version