Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Ini Update Pembangunan Jurassic Park di Taman Nasional Komodo

Topcareer.id – Sempat dikabarkan Indonesia akan membangun Taman Jurassic di Taman Nasional Komodo. Informasi ini bahkan sampai menjadi konsumsi hingga di luar negeri.

Kekhawatiran tersebut bisa dipahami, karena informasi itu diasosiasikan dengan film Jurassic Park yang sempat menjadi tontonan dalam deretan Box Office dunia.

Terkat kekhawatiran masyarakat tersebut, Kantor Staf Presiden (KSP) pekan lalu mengirim tim untuk melakukan verifikasi lapangan terkait. Salah satu lokasi yang dikunjungi, yakni Pulau Rinca, tempat dibangunnya “Taman Jurassic.”

Tim KSP memantau, proses pembangunan sarana wisata Loh Buaya di Pulau Rinca rupanya sudah mendekati tahap akhir.

Dari luas keseluruhan Pulau Rinca 20.000 hektare, pembangunan penataan sarana ternyata hanya berada di area 1,3 hektare. Itu pun berada di pinggir pulau dengan jarak 500 meter dari dermaga Loh Buaya.

“Saya melihat ini masalah disinformasi ke publik,” kata Agung Rulianto, Tenaga Ahli Utama yang memimpin tim KSP di lapangan.

Informasi yang disebar dikaitkan dengan film Jurassic Park yang menggambarkan tragedi captivating animal, langsung membuat kesan horor.

“Padahal situasi di sini, komodo, rusa, dan babi hutan bebas berkeliaran,” kata Agung, Kamis (30/12).

Dari dermaga Loh Buaya, kita akan langsung melewati elevated track setinggi rata-rata tiga meter dari tanah dengan pepohonan liar di sekitarnya. Tiga bangunan dengan design tradisional pun ditempatkan layaknya rumah panggung.

Sejumlah bangunan yang dulu dipakai untuk pos penjagaan dan tempat pengamatan bagi para ilmuwan, kini sudah dibongkar. Hanya ada satu bangunan menjejak tanah yang digagas untuk museum, toilet, dan pengamatan langsung komodo dari jarak lebih dekat.

Baca juga: Benarkah Komodo Berasal dari Australia? Ini Penjelasannya

Kehadiran elevated track, dimaksudkan untuk mengurangi persimpangan langsung antara komodo dan manusia. Bangunan bagi staf taman nasional dan peneliti, sekarang pun dibuat melayang.

Sedikit informasi, Pulau Rinca sendiri terletak di sebelah barat Flores dengan dipisahkan selat Molo.

Pulau yang menjadi habitat alami Komodo ini merupakan pulau terbesar kedua di Taman Nasional Komodo, NTT.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply