Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ingin Suasana Kantor tetap Nyaman? Coba 5 Tips Ini

Topcareer.id – Di manapun kamu bekerja, untuk mencapai produktivitas optimal setiap harinya, kamu tentu membutuhkan situasi yang nyaman.

Namun, dalam dunia kerja profesional, kamu pasti akan menjumpai banyak orang dengan beragam sifat yang berbeda, ada yang membuatmu nyaman, ada pula yang menyebalkan.

Ya, beberapa orang sering membawa ego dan masalah pribadi ke dalam situasi profesional.

Hal ini tentu bisa menimbulkan situasi di tempat kerja menjadi kurang nyaman.

Untuk menghadapinya, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba, agar kinerja dan produktivitas kamu tidak terganggu.

Hati-hati dalam berbicara
Lingkungan kerja merupakan area yang sensitif. Orang-orang tidak suka dengan kata-kata yang menyudutkan dan memicu pertengkaran.

Berbicaralah dengan pemilihan kata yang baik. Berlatihlah untuk tidak mudah membalas ejekan kecil.

Ini tidak hanya mencegah pertengkaran tapi juga menghindari pemborosan waktu.

Daripada menanggapi ejekan, lebih baik gunakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan ketrampilan.

Baca juga: Jangan Minta Naik Gaji dalam 3 Situasi Ini!

Jangan suka seenaknya mengoreksi orang lain
Sangat baik jika kamu memiliki akurasi data yang kamu bawa pada saat meeting. Tapi jangan terlalu sering menginterupsi kesalahan yang dilakukan atasan atau rekan kerja saat mereka sedang presentasi.

Selain mengganggu fokus rapat, ini juga menyebabkan kamu tidak disukai karena dianggap sok tahu.

Pendekatan terbaik yang bisa dilakukan adalah catat semua kesalahan yang kamu temui, lalu luangkan waktu untuk diskusi empat mata. Lakukanlah dengan santai tanpa terkesan menggurui.

Jangan frontal saat mengeluh
Kamu mungkin punya beberapa rekan kerja yang memiliki bau badan yang mengganggu. Menyampaikan keluhan langsung dengan frontal akan berakibat buruk pada hubungan profesional.

Cobalah menyampaikannya dengan cara yang lebih diplomatis seperti memberi saran kepada rekan kerja kamu, agar mencoba parfum edisi terbaru.

Ini lebih membuatnya merasa dihargai dan pesan kamu juga tersampaikan.

Berbeda jika kamu mengumumkan bau badan rekan kerjamu di depan seluruh rekan kerja. Ini bisa menyinggung perasaannya dan hubungan profesional bisa retak.

Jangan suka menghakimi
Masalah yang juga sering dihadapi dalam dunia kerja profesional adalah banyak orang yang menilai orang lain berdasarkan sudut pandangnya sendiri.

Seringkali keyakinan pandangannya tidak memiliki dasar yang benar dan membuat lingkungan kerja menjadi tidak nyaman.

Di dunia profesional, kamu harus tetap berpikiran terbuka. Jangan terbawa oleh pikiranmu sendiri atau gosip yang disebarkan oleh orang lain.

Membicarakan kesalahan atasan
Salah satu hal yang membuat lingkungan kerja tidak nyaman adalah membicarakan kesalahan yang dilakukan atasan.

Jangan pernah terlibat dalam pembicaraan ini. Akan berbahaya jika suatu saat atasan kamu mengetahuinya.**(Feb)

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply