Topcareer.id – Penelitian telah menunjukkan bahwa persentase orang yang stres di tempat kerja sangat tinggi, dan hanya akan terus semakin tinggi.
Stres kerja memiliki konsekuensi kesehatan yang signifikan yang berkisar dari yang relatif jinak seperti lebih sering pilek dan flu hingga berpotensi serius seperti penyakit jantung dan sindrom metabolik.
Sementara stres di tempat kerja adalah hal biasa, menemukan pekerjaan dengan stres rendah itu sulit.
Pendekatan paling realistis adalah dengan mengadopsi strategi koping yang efektif untuk mengurangi stres pada pekerjaan.
Berikut ini beberapa teknik manajemen stres yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres kerja:
Mulai hari dengan benar
Kamu mungkin terkejut dengan betapa terpengaruhnya kamu oleh stres di tempat kerja ketika kamu mengalami pagi hari yang penuh tekanan.
Saat kamu memulai hari dengan perencanaan dan nutrisi yang baik serta sikap positif, kamu mungkin akan lebih ringan mengalami stres akibat pekerjaan.
Minta kejelasan job desc
Faktor yang diketahui berkontribusi terhadap kelelahan kerja adalah job desc yang tidak jelas bagi karyawan.
Jika kamu mendapati dirimu tidak pernah tahu apa yang harusnya kamu lakukan, mungkin ada baiknya berbicara dengan supervisor.
Luangkan waktu untuk membahas harapan dan mendiskusikan strategi untuk memenuhi jobdes yang jelas.
Jauhi konflik
Konflik interpersonal berdampak buruk pada kesehatan fisik dan emosional, jadi sebaiknya hindari konflik di tempat kerja sebisa mungkin.
Jika memungkinkan, cobalah untuk menghindari orang yang tidak bekerja dengan baik dengan orang lain.
Tetap terorganisir
Bahkan jika kamu adalah orang yang secara alami biasa untuk tidak teratur, perencanaan ke depan untuk tetap teratur dan terorganisir dapat sangat mengurangi stres di tempat kerja.
Baca juga: Stres Pulang Kantor? Ini Cara Meredakannya
Ciptakan meja kerja yang nyaman
Penyebab stres mengejutkan lainnya di tempat kerja adalah ketidaknyamanan fisik, kamu mungkin tidak menyadari bahwa kamu juga bisa stres jika duduk di kursi yang tidak nyaman.
Lakukan apa yang kamu bisa untuk menciptakan ruang kerja yang tenang dengan tempat duduk dan meja yang nyaman.
Lupakan multitasking
Multitasking pernah digembar-gemborkan sebagai cara fantastis untuk memaksimalkan waktu seseorang dan menyelesaikan lebih banyak dalam sehari.
Yang patut diperhatikan, ada perasaan stres tertentu yang berasal dari pemisahan fokus kamu dan itu tidak bekerja dengan baik untuk kebanyakan orang.
Jalan kaki saat istirahat makan siang
Banyak orang merasakan efek buruk dari menjalani gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Kamu bisa memerangi efek fisik dan mental dari stres kerja dengan berolahraga ringan saat istirahat makan siang.
Jalan kaki menuju tempat makan siang di luar kantor membantumu mengeluarkan tenaga dan mengangkat suasana hati.