TopCareerID

Perusahaan Ini Beralih ke 4 Hari Kerja Seminggu, 91% Pekerjanya Lebih Bahagia

Ilustrasi karyawan kerja ke kantor.

Dok. Parade

Topcareer.id – Buffer, perusahaan media sosial yang beranggotakan 84 orang ini bangga menjadi yang terdepan dalam menganut pekerjaan jarak jauh (melepaskan kantornya pada 2015), transparansi gaji (publikasi gaji semua orang secara online).

Bahkan, Buffer juga yang terdepan dalam opsi fleksibilitas tempat kerja lainnya sejak didirikan bersama oleh Joel Gascoigne lebih dari satu dekade yang lalu. Ketika pandemi melanda, Gascoigne melihat bahwa karyawan stres lalu memberi setiap orang akhir pekan tiga hari untuk bulan Mei 2020.

Apa yang dimulai sebagai eksperimen selama sebulan itu, sekarang telah menjadi kebijakan permanen, dan pada akhir 2021. Dan survei karyawan menemukan bahwa 91% pekerja lebih bahagia dan lebih produktif dengan empat hari kerja dalam seminggu.

Tetapi perusahaan harus mengatasi beberapa titik gesekan. Berikut adalah empat masalah terbesar yang harus diselesaikan Buffer untuk mengadopsi empat hari kerja dalam seminggu.

1. Menemukan waktu

Urutan pertama bisnis adalah mencari tahu bagaimana setiap orang akan menyelesaikan pekerjaan mereka tepat waktu, kata Hailley Griffis, kepala hubungan masyarakat Buffer.

Selama bulan pertama, sebagian besar tim beroperasi dengan pola pikir bahwa mereka melakukan jumlah pekerjaan yang sama dalam waktu yang lebih singkat, tetapi mereka menyadari itu tidak akan berkelanjutan.

Untuk membuat semua orang lebih dekat dengan 32 jam kerja empat hari dalam seminggu, mereka harus mengubah cara mereka bekerja. Tim buffer mengurangi rapat (pemeriksaan pemasaran mingguan Griffis diubah menjadi bulanan), pindah ke alat komunikasi asinkron seperti Threads, dan menyesuaikan ekspektasi berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi tenggat waktu proyek.

Baca juga:

2. Struktur vs fleksibilitas

Tantangan besar lainnya adalah mencari tahu hari mana yang akan diliburkan. Pada awalnya, Buffer memberi setiap tim pilihan mereka sendiri. Tim Griffis berangkat pada Rabu: “Anda tidak pernah bekerja lebih dari dua hari dalam satu waktu. Ini benar-benar fenomenal.”

Tetapi ketika itu terbukti tidak teratur di mana pekerja masih perlu bekerja dengan tim lain, Buffer distandarisasi hingga hari Jumat libur.

3. Meliputi 7 hari

Semua karyawan buffer mendapatkan libur hari Jumat dengan satu pengecualian: departemen layanan pelanggan mereka. Mereka menawarkan dukungan pelanggan tujuh hari seminggu, kata Griffis, yang berarti anggota tim ini masih bekerja dalam minggu-minggu yang lebih singkat tetapi dengan rotasi yang bersusah payah untuk menutupi akhir pekan.

Dengan pemikiran ini, perusahaan mempekerjakan staf pelanggan tambahan selama pandemi untuk mempertahankan cakupan tetapi masih memberikan waktu seminggu yang lebih singkat kepada individu.

4. Keterlibatan karyawan

Menurut survei Buffer tahun 2021, 84% karyawan dapat menyelesaikan pekerjaan yang diminta dari mereka dalam sistem kerja empat hari seminggu.

Produktivitas perusahaan tetap stabil, tetapi para pemimpin mendapati keterlibatan karyawan terpukul. Ternyata, ketika Buffer mengurangi pertemuannya, itu juga mengurangi waktu sosial formal dan informal.

Sekarang, mereka harus menciptakan ruang untuk keterlibatan tim, kata Griffis, seperti dengan merencanakan acara sosial virtual sehingga karyawan dapat terhubung di luar rapat kerja.

Griffis menyadari alasan terbesar Buffer berhasil mengadopsi empat hari kerja dalam seminggu adalah karena CEO dan pemimpin senior berkomitmen untuk membuatnya bekerja, dan karena tim mereka yang lebih kecil bisa lebih gesit.

Exit mobile version