Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, March 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Wawancara Kerja Berjalan Kurang Baik? Segera Lakukan Ini

Ilustrasi wawancara. Dok/DuniaKaryawan

Topcareer.id – Sebanyak apapun kamu memiliki pengalaman kerja, belum tentu kamu akan selalu mendapatkan sesi wawancara yang pasti berlangsung dengan baik.

Saat kamu mengalami wawancara kerja yang tidak berjalan dengan baik, jangan langsun putus asa dan melupakan hal tersebut begitu saja.

Segera lakukan tindakan secepat mungkin dalam bentuk tindak lanjut mengirimkan surat ucapan terima kasih, sebab kesempatan itu masih selalu ada.

Pilih pesan yang akan kamu kirim dengan tulisan tangan atau email. Jangan lupa bersikaplah profesional dan sopan serta ikuti protokol surat bisnis standar.

Berikut ini cara mengirim surat terima kasih kepada perekrut setelah kamu melewati wawancara yang tidak berjalan mulus dengan mereka:

Kirim surat langsung ke pewawancara
Kamu bisa kirimkan surat itu langsung kepada individu yang mewawancaraimu. Jika kamu diwawancarai oleh sebuah panel, kirimkan surat individu ke masing-masing pihak.

Ungkapkan penghargaan
Ungkapkanlah penghargaanmu atas waktu pewawancara yang sudah meluangkan waktu bertemu denganmu. Jadilah spesifik sehingga pewawancara bisa tetap mengingatmu.

Contoh: “Terima kasih telah bertemu dengan saya hari ini untuk membahas posisi manajer pemasaran di perusahaan Anda.”

Beri hal positif untuk meredam efek negatif
Atasi apa yang telah menjadi buruk dalam wawancara dengan melawannya menggunakan sesuatu yang positif.

Contoh: “Saya mungkin meninggalkan kesan bahwa saya tidak punya banyak pengalaman mengelola orang lain. Namun, saya ingin menekankan bahwa saya sedang menyelesaikan program pelatihan manajemen eksekutif dan memiliki pengalaman luas memimpin kelompok sebaya. Saya percaya pengalaman ini akan membuat saya menjadi pemimpin yang efektif dalam perusahaan Anda.”

Baca juga: Jangan Bohong Saat Wawancara Kerja, Ini Bahaya yang Perlu Kamu Tahu!

Minta feedback positif
Mintalah apa yang idealnya perusahaan inginkan dari kamu.

Contoh: “Saya tahu Anda akan mengadakan pembahasan mengenai diri saya, dan saya akan sangat menghargai kesempatan untuk bertemu dengan Anda lagi agar bisa membicarakan lebih lanjut cara-cara yang menurut perusahaan harus saya lakukan.”

Closing
Tutuplah surat yang kamu kirim dengan pengulangan ucapan terima kasih kamu kepada pewawancara dan perusahaan yang sudah memberimu kesempatan.

the authorFeby Ferdian

Leave a Reply