Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, April 25, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Rusia Blokir Instagram, Facebook, Dan Twitter. Ada Apa?

Marketing Social Media

Topcareer.id – Pemerintah Rusia mengatakan akan memblokir Instagram, sebelumnya Rusia juga telah memutus akses ke Facebook dan membatasi Twitter.

Pada hari Jumat (11/3), badan komunikasi pemerintah Rusia mengumumkan akan memblokir Instagram di Rusia mulai 14 Maret 2022.

Hal itu sebagai tanggapan Rusia atas keputusan Facebook untuk mengizinkan pengguna di beberapa negara dalam mengecam Presiden Rusia Vladimir Putin dan tentara Rusia dalam konteks invasi.

“Kami tidak memiliki pertengkaran dengan orang-orang Rusia,” kata presiden urusan global Meta (perusahaan induk Facebook) Nick Clegg, Jumat (11/3).

Dia mengatakan bahwa mengizinkan seruan Ukraina untuk melakukan kekerasan terhadap tentara Rusia di Facebook adalah “melindungi hak orang untuk berbicara sebagai ekspresi pembelaan diri sebagai reaksi atas invasi militer ke negara mereka.”

Pembatasan Rusia pada media sosial datang pada saat pemerintah secara mengejutkan meningkatkan tindakan kerasnya terhadap kebebasan pers dan sumber informasi lain untuk mengendalikan narasi tentang invasinya ke Ukraina.

Dalam beberapa minggu terakhir, beberapa outlet berita lokal independen yang tersisa di Rusia dan tidak berafiliasi dengan pemerintah telah ditutup.

Putin telah menandatangani undang-undang baru yang mengancam hingga 15 tahun penjara bagi orang Rusia yang memposting “berita palsu” tentang invasi.

Sekarang, Facebook, Instagram, dan Twitter, yang digunakan Rusia untuk menyuarakan perbedaan pendapat dan berbagi berita independen tentang kebrutalan perang adalah target terbaru dari tindakan keras Putin terhadap media.

Orang Rusia masih dapat menemukan sumber berita lain, menonton YouTube, dan berkomunikasi di aplikasi seperti Telegram.

Tetapi pemerintah membatasi diskusi di tiga platform utama yang mudah disiarkan ke khalayak luas dan di mana orang-orang di Rusia dapat berbagi dengan seluruh dunia.

Untuk saat ini, pemerintah Rusia belum mengumumkan rencana untuk memblokir WhatsApp milik Meta.

Badan media milik negara Rusia RIA Novosti mengumumkan mereka tidak berencana untuk melakukannya karena aplikasi tersebut adalah sarana komunikasi.

Tetapi masih belum jelas apakah itu bisa berubah di masa depan jika ketegangan antara pemerintah Rusia dan Meta meningkat.

Baca juga: Facebook Diminta Bayar Rp 285 Miliar untuk Pakai Nama Meta

Regulator komunikasi Rusia, Roskomnadzor, menuduh Facebook sebagai pihak yang melakukan penyensoran, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa perusahaan media sosial itu terlibat dalam “diskriminasi terhadap media dan sumber informasi Rusia.”

Dalam seminggu terakhir, Facebook telah mulai memeriksa fakta dan mengklaim berita yang diterbitkan oleh Russia Today (RT) dan media pemerintah lainnya di Rusia adalah menyesatkan, dan Facebook telah memblokir RT di Eropa serta Inggris.

Banyak pakar politik percaya bahwa tindakan keras ini akan membantu pemerintah Rusia memperketat cengkeramannya.

Para pemimpin di pemerintahan Ukraina mendesak Facebook dan Twitter untuk memutus akses ke aplikasi mereka di Rusia.

Itu karena pemerintah Ukraina memandangnya sebagai semacam “sanksi” terhadap pemerintah Rusia, dengan harapan tindakan tersebut akan mendorong Rusia untuk menekan pemerintah agar bertindak berbeda.**(Feb)

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply