Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Thursday, November 21, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tren

Hati-Hati, Lakukan 5 Hal Ini Saat Terima Pesanan Online

Ilustrasi tren belanja online versi Tokopedia.Ilustrasi transaksi jual-beli online. (Dok. The Opera Blog)

Topcareer.id – Berbelanja online saat ini jadi hal yang paling lumrah karena dianggap lebih mudah. Namun, untuk mengindari hal yang tak diinginkan, konsumen juga perlu berhati-hati. Termasuk dalam menerima pesanan online.

Dalam rangka Hari Hak Konsumen Sedunia pada 15 Maret 2022, Tokopedia membagikan lima hal yang penting dilakukan pengguna saat menerima pesanan online.

1. Jangan Buru-buru Klik ‘Selesaikan Pesanan’

“Pembeli harus memastikan terlebih dahulu produk yang diterima betul-betul sesuai dengan pesanan. Karena jika pengguna sudah klik ‘Selesaikan Pesanan’ otomatis dana akan langsung diteruskan Tokopedia ke penjual,” jelas External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, dikutip dari press rilis, Selasa (15/3/2022).

2. Segera Cek Barang

Saat membuka paket, ambil foto atau lakukan video unboxing sebagai bukti atas produk yang diterima.

Apabila produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi produk, klik ‘Ajukan Komplain’ dan sertakan bukti yang diperlukan – bisa dalam bentuk foto atau video – untuk mendapatkan solusi yang terbaik.

Dana hanya akan diteruskan Tokopedia ke penjual jika produk yang diterima sudah sesuai dengan pesanan pembeli.

3. Perhatikan Batas Waktu Komplain

Apabila barang yang diterima bermasalah, pembeli dapat mengajukan komplain dalam waktu maksimal 2×24 jam sejak status pesanan tiba di tujuan.

Baca juga: Duh! Gara-Gara Krisis Minyak Goreng, Masyarakat Rugi Rp3,38 Triliun

“Pastikan Anda mengajukan komplain sesuai dengan batas waktu supaya kendala bisa ditangani di Pusat Resolusi Tokopedia,” tambah Ekhel.

4. Cek Ongkos Kirim Akhir

Jika mengalami kendala biaya pengiriman yang tidak sesuai, maka pengguna dapat mengajukan pengembalian ongkos kirim kepada penjual.

Pengguna hanya perlu mengajukan komplain dan sertakan alasan biaya pengiriman berbeda lalu unggah bukti foto yang menampilkan ketidaksesuaian biaya pengirimannya.

5. Jangan Lupa Berikan Review

Review atau ulasan dari pembeli bisa sangat membantu penjual meningkatkan reputasi toko. “Ulasan pembeli bisa mendukung kemajuan belasan juta penjual di Tokopedia yang hampir 100%nya UMKM,” jelas Ekhel.

“Tokopedia melihat tren belanja online di Indonesia terus meningkat. Tingginya animo ini mendorong kami terus berkomitmen membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui platform kami, sekaligus menjaga kelangsungan bisnis para pegiat usaha lokal dan mendorong pemulihan ekonomi nasional,” tutup Ekhel.

Leave a Reply